Pendidikan Islam Transformatif(Analisis Filosofis Pendidikan Humanistik Paulo Freire dalam Perspektif Islam)

Hilal, Muhammad (2012) Pendidikan Islam Transformatif(Analisis Filosofis Pendidikan Humanistik Paulo Freire dalam Perspektif Islam). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083111095_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111095_BAB1.pdf - Accepted Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111095_BAB2.pdf - Accepted Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111095_BAB3.pdf - Accepted Version

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111095_BAB4.pdf - Accepted Version

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111095_BAB5.pdf - Accepted Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111095_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (107kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji bagaimana Islam menyorot tentang Pendidikan Humanistik yang digagas oleh Paulo Freire. Pembahasan ini dilatar belakangi oleh sebuah format pendidikan yang dirasa masih belum begtu berhasil mencetak peserta didiknya menjadi insan yang sadar akan potensi intern dalam dirinya. Yaitu kemampuan berfikir. Tujuan itu memang dirasa belum berhasil jika tinjau dari filosofi tujuan pendidikan bahwa pendidikan bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan peserta didik. Mengembangkan kecerdasan bukanlah sekedar memiliki banyak informasi. Melainkan bagaimana dengan informasi yang diperoleh itu mampu dikontekskan secara integrative dengan keadaan sosial dan permasalahan yang sedang terjadi dimasyarakat agar ditemukan alternative yang solutif, cerdas dan kontekstual. Rumusan masalah yang dimunculkan dalam penelitian yaitu, pertama, Bagaimana konsep Pendidikan Humanistik Paulo Freire?. kedua, Bagaimana Islam memandang secara filosofis tentang Pendidikan Humanistik Paulo Freire? Permasalahan tersebut dibahas menggunakan jenis penelitian kualitatif literer, atau penelitian kepustakaan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan filosofis, sebab dalam pemikiran Paulo Freire sendiri adalah pemikiran yang berproses dari sebuah jalan filsafat sehingga membutuhkan pendekatan yang selaras dengan proses ditemukannya pemikiran Paulo Freire tersebut. Sumber-sumber data utama diambil dari buku- buku karya Paulo Freire dan beberapa buku yang mengkaji pemikiran Paulo Freire sebagai penunjang. Penelitian ini menunjukkan, pertama, bahwa dalam sudut pandang manapun sebuah kebebasan merupakan nilai kemanusiaan yang perlu ditegakkan, terutama dalam pendidikan. Dari gagasan-gagasan Freire, kita akan menemukan inspirasi besar mengenai gerakan revolusioner menentang penindasan karena dianggap sebagai pelanggaran terhadap nilai-nilai kemanusiaan. Kedua, sebagaimana gagasan Freire yang briliiant begitupula Islam senantiasa menegakkan nilai yang sama. Maka mempelajari sebuah format pendidikan yang trasnformatif perlu dilakukan demi menciptakan sebuah iklim intelektual yang kritis dikalangan umat muslim dan peka serta kontekstual terhadap tantangan zaman. Ideologisasi melalui pendidikan Islam juga harus senantiasa berlandaskan pada kesadaran ketuhanan sebagai realitas tertinggi tujuan hidup manusia agar tercipta pribadi dengan kematangan dan keselarasan antara intelektualitas dan spiritualitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam Transformatif; Paulo Freire
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 10 Dec 2013 07:03
Last Modified: 10 Dec 2013 07:03
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/807

Actions (login required)

View Item View Item