Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan orang tua dan dampaknya terhadap loyalitas orang tua di SMP Islam Terpadu Robbani Kendal

Rofiah, Siti (2017) Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan orang tua dan dampaknya terhadap loyalitas orang tua di SMP Islam Terpadu Robbani Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img] Text
133311018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB)

Abstract

Kajiannya dilatarbelakangi oleh pentingnya kualitas layanan pada suatu lembaga pendidikan untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan sehingga pelanggan merasakan kepuasan. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan pendidikan terhadap kepuasan orang tua dan dampaknya terhadap loyalitas orang tua. Metode analisis menggunakan metode analisis jalur (path analysis) Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup, dan menggunakan 97 responden. Hasil penelitian kualitas pelayanan mempengaruhi terbentuknya kepuasan orang dengan koefisien standardized coefficient sebesar 0.376 dengan tingkat signifikansi 0,000. Kepuasan mempengaruhi terbentuknya loyalitas dengan nilai koefisien standardized coefficient sebesar 0.374 dengan tingkat signifikansi 0,000. Kualitas pelayanan mempengaruhi terbentuknya loyalitas dengan standardized coefficient sebesar 0.379 dengan tingkat signifikansi 0,000. Kepuasan merupakan variabel intervening antara kualitas layanan dengan loyalitas. Pengaruh langsug antra X1 terhadap Y melalui X2 sebesar 0,14, dan adapun pengaruh total atara X1 terhadap X2 dan Y sebesar 0,519. Kesimpulannya kepuasan merupakan varibel intervening yang dapat memerikan pengaruh yang cuku besar antara variabel kualitas pelayanan dengan variabel loyalitas orang tua menggunakan jasa pendidikan di SMP IT ROBBANI Kendal. Dapat dilihat dari hasil diperoleh jika dianalisis menggunakan varibel interveining mendapatkan hasil 0,519 dan jika tidak menggunakan variabel intervening mendapatkan hasil 0,379.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorFahrurrozi, FahrurroziUNSPECIFIED
Thesis advisorWahid, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan; Kepuasan Pelanggan; loyalitas; Layanan pendidikan; Manajemen sekolah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 26 Sep 2018 08:19
Last Modified: 26 Sep 2018 08:19
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8304

Actions (login required)

View Item View Item