Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan orang tua dan dampaknya terhadap loyalitas orang tua di SMP Islam Terpadu Robbani Kendal
Rofiah, Siti (2017) Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan orang tua dan dampaknya terhadap loyalitas orang tua di SMP Islam Terpadu Robbani Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
133311018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (13MB) | Preview
Abstract
Kajiannya dilatarbelakangi oleh pentingnya kualitas layanan pada suatu lembaga pendidikan untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan sehingga pelanggan merasakan kepuasan.
Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan pendidikan terhadap kepuasan orang tua dan dampaknya terhadap loyalitas orang tua.
Metode analisis menggunakan metode analisis jalur (path analysis) Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup, dan menggunakan 97 responden.
Hasil penelitian kualitas pelayanan mempengaruhi terbentuknya kepuasan orang dengan koefisien standardized coefficient sebesar 0.376 dengan tingkat signifikansi 0,000. Kepuasan mempengaruhi terbentuknya loyalitas dengan nilai koefisien standardized coefficient sebesar 0.374 dengan tingkat signifikansi 0,000. Kualitas pelayanan mempengaruhi terbentuknya loyalitas dengan standardized coefficient sebesar 0.379 dengan tingkat signifikansi 0,000. Kepuasan merupakan variabel intervening antara kualitas layanan dengan loyalitas. Pengaruh langsug antra X1 terhadap Y melalui X2 sebesar 0,14, dan adapun pengaruh total atara X1 terhadap X2 dan Y sebesar 0,519.
Kesimpulannya kepuasan merupakan varibel intervening yang dapat memerikan pengaruh yang cuku besar antara variabel kualitas pelayanan dengan variabel loyalitas orang tua menggunakan jasa pendidikan di SMP IT ROBBANI Kendal. Dapat dilihat dari hasil diperoleh jika dianalisis menggunakan varibel interveining mendapatkan hasil 0,519 dan jika tidak menggunakan variabel intervening mendapatkan hasil 0,379.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Layanan; Kepuasan Pelanggan; loyalitas; Layanan pendidikan; Manajemen sekolah |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | Mohamad Akyas |
Date Deposited: | 26 Sep 2018 08:19 |
Last Modified: | 26 Sep 2018 08:19 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8304 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year