Implementasi kurikulum 2013 di MIN Bugangin Kendal tahun pelajaran 2016/2017

Amaliyah, Sholekhatul (2017) Implementasi kurikulum 2013 di MIN Bugangin Kendal tahun pelajaran 2016/2017. Masters thesis, UIN Walisongo.

[img] Text
125112071.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Berubahnya kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) ke Kurikulum 2013 merupakan salah satu upaya memperbaharui setelah dilakukannya penelitian untuk pengembangan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan generasi muda. Perubahan Kurikulum 2013 ini pun tidak berjalan mulus atau masih tarik ulur oleh pemegang kebijakan yaitu antara mantan Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah M. Nuh dengan Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah baru Anies Baswedan sehingga berimbas pada pelaksanaan pendidikan di Indonesia. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1.Bagaimana implementasi Kurikulum 2013 di MIN Bugangin Kendal ? 2.Apa faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi Kurikulum 2013 di MIN Bugangin Kendal? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MIN Bugangin Kendal. Datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Semua data di analisis dengan pendekatan fenomenologi dan analisis deskriptif. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Kurikulum 2013 di MIN Bugangin Kendal adalah sebagai berikut: a. Perencanaan (RPP) dapat dikatakan baik, b. Pelaksanaan pembelajaran belum maksimal, ada yang sesuai dengan RPP, namun ada yang belum sesuai dengan RPP c. Evaluasi dapat dikatakan baik. d. Tindaklanjut dapat dikatakan masih perlu perbaikan.(2) Faktor-Faktor yang mempengaruhi implementasi Kurikulum 2013 di MIN Bugangin Kendal yaitu: a. Faktor Pendukung adalah 1).Semangat kebersamaan untuk menerapkan kurikulum 2013 (Sosialisasi Kurikulum 2013), 2). Faktor guru dalam implementasi Kurikulum 2013, 3). Faktor peran kepala madrasah dalam implementasi Kurikulum 2013,4). Faktor Iklim dan Budaya Madrasah dalam Implementasi Kurikulum 2013.b. Faktor penghambat adalah 1).Faktor kejelasan dan kelengkapan infrastruktur kurikulum itu Sendiri, 2).Hambatan dalam hal sarana dan prasarana, 3).Hambatan saat pelaksanaan di kelas,4).Hambatan dalam penilaian hasil belajar Kata kunci: Implementasi, Kurikulum 2013 ABSTRACT: The change of Kurikulum tingkat satuan Pendidikan (KTSP) to Kurikulum 2013 is one of the renewal efforts after doing research for curriculum development that suits as needs of the young generation. The change of Kurikulum 2013 is not running smoothly or still pulling by policy holders between former Minister of Culture and Primary and Secondary Education M. Nuh with the new Minister of Culture and Primary and Secondary Education Anies Baswedan. so that, It impacts on the implementation of education in Indonesia. This study is intended to answer the problem: 1.How is the implementation of Kurikulum 2013 in MIN Bugangin Kendal?.2. What are the factors affecting the implementation of Kurikulum 2013 in MIN Bugangin Kendal? These issues are discussed through field studies conducted at MIN Bugangin Kendal. The data obtained by interview, observation and documentation study. All data were analyzed by phenomenology approach and descriptive analysis. This study shows that: (1) Implementation of Kurikulum 2013 in MIN Bugangin Kendal as follows: a. Rencana Program Pembelajaran (RPP) is good, b. Implementation of learning has not been maximized c. The evaluation is good. d. Follow-up has not been said either. (2) The affecting factors the implementation of Kurikulum 2013 in MIN Bugangin Kendal are: a. Supporting factors include:1. the spirit of togetherness to apply the curriculum 2013 2.The teacher factors in the implementation curriculum 2013 3. Madrasah principle role factors in the implementation curriculum 2013 4.climate facto and madrasah culture in the implementation curriculum 2013 b. Inhibiting factors include:1.the clarity and completeness of the curriculum infrastructure itself 2. less supportive facilities and infrastructure 3. lack of implementation in the classroom 4. Assessment of learning outcomes.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMustaqim, MustaqimUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013; Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Oct 2018 04:16
Last Modified: 03 Oct 2018 04:16
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8362

Actions (login required)

View Item View Item