Pengembangan instrumen three-tier multiple choice diagnostic test untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa SMA materi gerak melingkar beraturan

Astutuk, Widi (2017) Pengembangan instrumen three-tier multiple choice diagnostic test untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa SMA materi gerak melingkar beraturan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf - Accepted Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen three-tier multiple choice diagnostic test untuk menentukan kevalidan, reliabilitas, karakteristik butir soal three-tier multiple choice diagnostic test, dan mendiskripsikan profil miskonsepsi pada materi Gerak Melingkar Beraturan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Metode yang digunakan adalah tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA SMA N 1 Karangtengah. Tes diagnostik yang dikembangkan adalah tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat, yang terdiri atas soal pilihan ganda, pilihan alasan, dan tingkat keyakinan. Hasil validasi oleh validator menunjukkan instrumen yang dikembangkan valid. Reliabilitas yang dikembangkan sebesar 0,89. Karakteristik 40 butir soal yang dikembangkan di antaranya: 1) taraf kesukaran soal, terdiri atas tiga soal berkategori mudah, 32 soal berkategori sedang, dan lima soal berkategori sukar; 2) daya pembeda, terdiri atas satu soal berkategori diperbaiki, sepuluh soal berkategori diterima dengan diperbaiki, dan 29 soal berkategori diterima; 3) sebanyak 83,3% pengecoh pada setiap pilihan jawaban berfungsi dengan baik, sedangkan pengecoh pada setiap pilihan alasan sebanyak 91,25% berfungsi dengan baik. Hasil diagnosis menunjukkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi tertinggi pada konsep kecepatan linier sebesar 50%, sedangkan miskonsepsi terendah pada konsep kecepatan sudut sebesar 34,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Gerak Melingkar Beraturan; Miskonsepsi; Three-Tier Multiple Choice Diagnostic Test
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 539 Modern physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 12 Oct 2018 08:09
Last Modified: 15 Dec 2021 10:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8441

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics