Penerapan model pembelajaran predict-observe-explain (POE) berbasis buzz-group untuk meningkatkan hasil belajar fisika materi listrik dinamis kelas X MA Hidayatus Syubban Semarang

Nadlir, Nikmatin (2017) Penerapan model pembelajaran predict-observe-explain (POE) berbasis buzz-group untuk meningkatkan hasil belajar fisika materi listrik dinamis kelas X MA Hidayatus Syubban Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of FULL SKRIPSI PDF.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI PDF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Persaingan pemanfaatan teknologi saat ini semakin ketat yang memerlukan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas untuk mampu bersaing di dalamnya. SDM yang berkualitas akan tercipta dengan usaha yang tepat, salah satunya melalui peningkatan mutu pendidikan dengan melakukan inovasi pembelajaran. Pembelajaran di sekolah diharapkan dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan, sehingga siswa akan mengikuti setiap kegiatan pembelajaran secara aktif dan diharapkan berimbas positif terhadap prestasi belajar khususnya pada mata pelajaran Fisika. Pembelajaran dengan menggunakan model Predict-Observe-Explain (POE) berbasis Buzz-Group memungkinkan siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran sehingga siswa tidak cepat lupa dengan apa yang telah dipelajari dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran berbasis buzz group dapat meningkatkan hasil belajar Fisika pada materi Listrik Dinamis kelas X MA Hidayatus Syubban Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental design dengan Non-Equivalent Control Group Design. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen sebesar 77,107 dan kelas kontrol sebesar 73,321. Hasil penelitian dianalisis dengan uji normalitas dan uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t. Berdasarkan uji t diperoleh t hitung = 2,789 dan t tabel = 1,674. Karena thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan bahwa hasil belajar Fisika dengan penerapan model pembelajaran POE berbasis buzz-group lebih tinggi dibanding dengan metode konvensional pada materi listrik dinamis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Predict-Observe-Explain (POE); Buzz group; Hasil belajar; Fisika; Listrik dinamis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 537 Electricity and electronics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 22 Oct 2018 06:53
Last Modified: 22 Oct 2018 06:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8466

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics