Studi Standard Operating Procedures (SOP) penyelenggaraan umrah pada PT Masy’aril Haram Tour dan Travel (Mastour) Kota Semarang

Masitoh, Mike (2018) Studi Standard Operating Procedures (SOP) penyelenggaraan umrah pada PT Masy’aril Haram Tour dan Travel (Mastour) Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Standard Operating Procedures penyelenggaraan umrah dari mulai keberangkatan (pendaftaran jamaah, administrasi, dan lain-lain) sampai kepulangan jamaah kembali ke tanah air serta menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Standard Operating Procedures terhadap pelaksanaan ibadah umrah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif sebagai pendekatan dalam penelitian guna memperoleh data dan menggunakan analitik sebagai teknik analisis data. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Penelitian ini yaitu deskriptif yang tidak menggunakan perhitungan, sehingga akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang selaku narasumber dan perilaku yang diamati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Masy’aril Haram Tour dan Travel adalah perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang pemberangkatan atau perjalanan ibadah haji dan umrah. Dimana PT. Mastour dalam proses pelaksanaan kegiatannya sudah menerapkan SOP yang ada di dalam perusahaan. Buku panduan SOP yang telah di bukukan hanya ada di kantor pusat yaitu yang berada di Kota Surabaya, walaupun demikian, untuk kantor cabang yang ada di Kota Semarang hampir keseluruhan dalam penyelenggaraan umrah sesuai dengan SOP yang ada. Dengan adanya Standard Operating Procedures dalam sebuah perusahaan PT. Masy’aril Haram Touir dan Travel Kota Semarang ini dapat memberikan dampak atau nilai-nilai positif bagi perusahaan, karyawan dan jamaah umrah khususnya. Hal ini di sebabkan karenabeberapa faktor pendukung adanya SOP yaitu : Tempat kantor cabang yang strategis, memiliki jamaah yang banyak pada setiap tahunnya, memiliki karyawan yang professional, berkinerja baik dan loyal sehingga menjamin kualitas perusahaan dan kegiatan perusahaan terbukti dengan berjalan secara lancar, khususnya dalam program perjalanan ibadah umrah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorAnasom, AnasomUNSPECIFIED
Thesis advisorSaerozi, SaeroziUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Standard Operating Procedures (SOP); Manajemen haji dan umrah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.5 Production management (Manajemen produksi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 16 Nov 2018 06:50
Last Modified: 16 Nov 2018 06:50
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8578

Actions (login required)

View Item View Item