Pengembangan buku saku fotografi anatomi kangkung air (ipomoea aquatica forssk) di sawah dan di tepi sungai di Magelang sebagai sumber belajar materi jaringan tumbuhan kelas XI MAN 1 Magelang

Lestari, Mei (2018) Pengembangan buku saku fotografi anatomi kangkung air (ipomoea aquatica forssk) di sawah dan di tepi sungai di Magelang sebagai sumber belajar materi jaringan tumbuhan kelas XI MAN 1 Magelang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
PDF FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Pengembangan buku saku sebagai sumber belajar berbasis fotografi dari hasil penelitian langsung masih belum banyak digunakan dalam pembelajaran di sekolah MAN 1 Magelang. Salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut, maka diperlukan pengembangan buku saku dari penelitian karakteristik kangkung air (Ipomoea aquatica Forssk) di sawah dan di tepi sungai. Berlimpahnya tumbuhan kangkung air (Ipomoea aquatica Forssk) dan perbedaan habitat dijadikan alasan peneliti dalam pengembangakn buku saku ini untuk materi jaringan tumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur anatomi kangkung air (Ipomoea aquatica Forssk) di sawah dan di tepi sungai serta mengetahui kelayakan buku saku materi jaringan tumbuhan yang telah dikembangkan. Penelitian ini dilakukan dengan metode Research and Development, mengacu pada model 4-D (define, design, develop, dessiminate) Thiagarajan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kangkung air (Ipomoea aquatica Forssk) di sawah dan di tepi sungai memiliki persamaan dan perbedaan pada jaringan penyusun. Perbedaan terlihat pada anatomi akar kangkung air di sawah susunan korteks tidak beraturan dan adanya aerenkim, pada kangkung air (I. aquatica) di tepi sungai pada anatomi akar susunan korteks beraturan dan tidak ada aerenkim , dan perbedaan ukuran pada setiap jaringan penyusun yang tampak saat penelitian. Persamaan terlihat pada tipe jaringan pengangkut yaitu tipe bikolateral dan tipe stomata yaitu tipe parasitik. Hasil pengembangan buku saku sangat layak digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran biologi oleh ahli materi dengan presentase sebesar 83,84%, ahli media dengan presentase sebesar 90%, guru biologi dengan presentase sebesar 71,2%, dan menurut tanggapan peserta didik dengan presentase sebesar 84,30%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorKusrinah, KusrinahUNSPECIFIED
Thesis advisorMiswari, MiswariUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Buku ajar; Sumber belajar; Pembelajaran biologi; Jaringan tumbuhan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 28 Nov 2018 02:51
Last Modified: 28 Nov 2018 02:51
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8620

Actions (login required)

View Item View Item