Implementasi kurikulum DAQU method di Sekolah Dasar Daarul Qur’an kota Semarang

Rahmawati, Riza (2018) Implementasi kurikulum DAQU method di Sekolah Dasar Daarul Qur’an kota Semarang. Masters thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
Riza Rahmawati___1500118041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Daarul Qur’an dipilih sebagai tempat penelitian karena memiliki karakteristik yang berbeda dari lembaga pendidikan yang lainnya, yakni adanya kurikulum daQu Method yang diterapkan dengan tujuan untuk mewujudkan visi Daarul Qur’an: “menanamkan ibadah wajib dan menghidupkan hal yang sunnah”, serta berkomitmen menjadi fasilitator terhadap kualitas anak didik yang mampu berpegang pada ilmu-ilmu Al-Qur’an. Sebagai program unggulan, daQu Method juga memiliki tujuan untuk mewujudkan kualitas pendidikan yang unggul, kompetitif, dan mandiri dalam menghadapi globalisasi. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan mengapa implementasi kurikulum daQu Method di Sekolah Dasar Daarul Qur’an kota Semarang. Permasalahan ini dijawab dalam penelitian kualitatif lapangan yang menggunakan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil ketua kurikulum, pendidik dan tenaga kependidikan, peserta didik, dan orang tua. Uji keabsahan datanya dilakukan dengan menggunakan triangulasi dan member check. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Kurikulum daQu Method didesain sebagai dasar pembelajaran yang diimplementasikan dalam kegiatan sehari-hari di Sekolah, sehingga kegiatan tersebut dapat berpengaruh pada proses pembelajaran baik pada mata pelajaran umum, keagamaan, maupun perilaku. 2. Keteladanan diharapkan agar siswa-siswi Daarul Qur’an meneladani dan mencontoh perilaku gurunya. 3. Pembiasaan yang dilakukan di sekolah mencakup shalat berjamaah di awal waktu, mabit, shalat dhuha, shalat qabliyah dan ba’diyah, menghafal dan tadabur Al-Qur’an (tahsin tahfidz). 4. Pelatihan yang dilakukan di sekolah dimaksudkan untuk melatih kebiasaan sehari-hari di sekolah, hingga dapat melatih mereka saat di rumah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorHadjar, IbunuUNSPECIFIED
Thesis advisorRahman, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum; Pendidikan Alquran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 12 Dec 2018 05:02
Last Modified: 12 Dec 2018 05:02
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8675

Actions (login required)

View Item View Item