Etika Pemberitaan Politik dalam Media Massa Tinjauan Etika Islam (Studi Analisis Berita Pergantian Kepemimpinan Nasional Bulan September-Oktober 2004 di Media Cetak Nasional)

Haryanto, Joko Tri (2008) Etika Pemberitaan Politik dalam Media Massa Tinjauan Etika Islam (Studi Analisis Berita Pergantian Kepemimpinan Nasional Bulan September-Oktober 2004 di Media Cetak Nasional). Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Haryanto_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Haryanto_Tesis_Coverdll.pdf - Submitted Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Haryanto_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Haryanto_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Haryanto_Tesis_Bab3.pdf - Submitted Version

Download (169kB) | Preview
[img] Text
Haryanto_Tesis_Bab4.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
Haryanto_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
Haryanto_Tesis_Bab6.pdf - Submitted Version

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Haryanto_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (21kB) | Preview

Abstract

Memasuki Era Reformasi, bangsa Indonesia mengalami perubahan yang cukup radikal dalam kehidupan sosial dan politik. Di antara perubahan tersebut adalah dibukanya kran kebebasan dalam bidang politik dan pers. Dalam bidang politik, bangsa Indonesia berani menyelenggarakan pemilihan presiden dan wakil presiden secara langsung. Sementara di bidang media massa, kebebasan diberikan dalam wujud pencabutan ketentuan tentang SIUPP sehingga dunia pers tidak lagi dibelenggu oleh kepentingan negara. Kebebasan pers ini tentu saja berimplikasi kepada etika dan perilaku media massa. Penelitian ini mengungkap fenomena etika pemberitaan politik di media cetak nasional terkait dengan peristiwa politik, yaitu pergantian kepemimpinan nasional atau pilpres secara langsung tahun 2004, dan melihat etika pemberitaan tersebut dengan perspektif etika Islam. Penelitian ini ditujukan pada koran Kompas, Jawa Pos, Republika dan Media Indonesia yang terbit bulan September-Oktober 2004. Untuk itu maka penelitian ini menggunakan dua kerangka kerja, pertama, metode analisis wacana kritis yang menggunakan analisis Fairclough untuk mendapatkan gambaran yang utuh tentang “perilaku” media dalam konteks sosial politik; kedua, dengan metode penelitian filsafat untuk melakukan refleksi secara heuristik guna meninjau etika pemberitaan media cetak nasional tersebut dengan etika Islam. Perilaku media dalam pemberitaannya sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari internal media maupun eksternal media. Dalam tataran discourse practise, meskipun media cetak mempertimbangkan perilaku khalayak, tetapi ideologi media massa dan kepentingan bisnis lebih mendominasi orientasi pemberitaannya. Sedangkan dalam tataran sosiocultural practise, pemberitaan media massa melakukan kompromi dan jalan tengah atas kepentingan ideologi media dengan kepentingan khalayak. Dengan demikian etika pemberitaan politik di media massa relatif belum dijalankan secara konsisten oleh pelaku media. Dalam tinjauan etika Islam, perilaku media massa melalui pemberitaan politik terkait dengan “jiwa” yang menggerakan media, yaitu para pelaku media itu sendiri (wartawan, editor, redaktur, pemilik media). Oleh karena itu hati nurani pelaku media mestinya dapat dijadikan sebagai imperatif kategoris dalam melakukan discourse practise melalui pemberitaan politik, terutama dalamrangka merepresentasikan kebenaran dalam pemberitaan. Hal ini karena dalam tinjauan etika Islam, visi pemberitaan mestinya diarahkan pada pembentukan masyarakat yang adil dan demokratis. Keutamaan media cetak dalam menjalankan perannya di masyarakat adalah menjaga nilai-nilai etika, seperti kejujuran, keadilan, kebenaran dan kebijaksanaan dalam pemberitaannya sesuai kaidah-kaidah jurnalisme.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Etika Jurnalistik; Etika Islam; Pemberitaan Politik; Islamic Ethic; Press Ethic
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 070 News media, journalism, publishing
100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 179 Other ethical norms
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 26 Sep 2013 08:13
Last Modified: 05 Dec 2013 08:15
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/87

Actions (login required)

View Item View Item