Analisis Etika Bisnis Islam di Penginapan Mega Syari’ah Semarang

Hastuti, Muji (2013) Analisis Etika Bisnis Islam di Penginapan Mega Syari’ah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
082411055_coverdll.pdf - Supplemental Material

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411055_bab1.pdf - Accepted Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411055_bab2.pdf - Accepted Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411055_bab3.pdf - Accepted Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411055_bab4.pdf - Accepted Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411055_bab5.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411055_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (17kB) | Preview

Abstract

Di tengah zaman yang modern ini, seakan nilai etika semakin luntur, atau bahkan kalau boleh dibilang mulai hilang. Kecenderungan masyarakat untuk berlaku bebas seakan sudah mewabah disetiap lini kehidupan. Tak jarang lagi moral, etika, norma, aturan serta berbagai hal sejenis yang bertujuan untuk memperbaiki tingkah laku manusia agar lebih baik seakan tak berguna. Salah satu dari diterapkanya nilai-nilai diatas tak lain guna mencegah adanya kerusakan yang ditimbulkan karena ulah tangan dan tingkah manusia, tata nilai yang dimaksud tak lain adalah etika. Penerapan akan nilai etika di segala aspek kehidupan merupakan hal yang tak bisa ditawar lagi, apalagi dengan kondisi masyarakat modern yang semakin jauh dari nilai-nilai tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dan apa saja etika bisnis Islami di Penginapan Mega Syari’ah Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dimana peneliti menggunakan jenis data primer dan data sekunder, dimana sumber data yang langsung memberikan data kepada peniliti yang meliputi : dokumen-dokumen serta wawancara langsug kepada pihak-pihak yang terkait dengan penelitian, ataupun pengumpulan data melalui dokumen. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah interview (wawancara), dokumentasi, dan observasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan analisis diskriptif normative dimana peneliti menguraikan hasil penelitian yang sesuai dengan lapangan dan membandingkan dengan hukum Islam yang berlaku. Adapun hasil dari penelitian, dalam Penginapan Mega Syari’ah tidak hanya mencari keuntungan bisnis, tetapi juga untuk media berdakwah dalam menyebarkan Islam. Selain itu Penginapan Mega Syari’ah juga menerapan dan mempraktikan prinsip-prinsip etika bisnis Islami yang di gunakan oleh Rasulullah SAW, diantaranya dengan: bersikap jujur, berkompetisi secara sehat, murah hati/ramah, tidak melupakan akhirat, dan amar ma’ruf nahi munkar. Semua itu dilakukan agar para pelanggan mengetahui bahwa tidak hanya label syari’ah tetapi juga dalam praktiknya dilaksanakan penerapan-penerapan yang sama sesuai dengan syari’ah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 174 Economic and professional ethics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Islam
Depositing User: Mohammad Kharisun
Date Deposited: 12 Dec 2013 08:39
Last Modified: 12 Dec 2013 08:39
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/879

Actions (login required)

View Item View Item