Perbandingan Hasil Belajar Berdasarkan Gender pada Mata Pelajaran Biologi Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas XI IPA MA Matholi’ul Huda Bugel Jepara Tahun Ajaran 2012/2013

Ika, Lisa Fatma (2012) Perbandingan Hasil Belajar Berdasarkan Gender pada Mata Pelajaran Biologi Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas XI IPA MA Matholi’ul Huda Bugel Jepara Tahun Ajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083811015_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083811015_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083811015_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083811015_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083811015_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083811015_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083811015_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (24kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perbandingan hasil belajar berdasarkan gender kelas XI IPA Matholi’ul Huda Bugel Jepara Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesenjangan atau kesetimpangan antara perempuan dan laki-laki dalam berbagai bidang, salah satunya bidang pendidikan. Misalnya saja dengan pemisahan kelas antara laki-laki dan perempuan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar biologi materi sistem peredaran darah berdasarkan gender, antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan kelas XI IPA MA Matholi’ul Huda Bugel Jepara Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi hasil belajar ulangan harian. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA MA Matholi’ul Huda Bugel Jepara. Data penelitian yang terkumpul diketahui jumlah siswa laki-laki sebanyak 32 dan siswa perempuan 28, dengan persentase 53,33% untuk siswa laki-laki dan 46, 67 untuk siswa perempuan. nilai variabel X1 atau hasil belajar siswa laki-laki kelas XI IPA 1 mempunyai nilai rata-rata 8.83. Sedangkan variabel X2 atau hasil belajar siswa perempuan kelas XI IPA 2 mempunyai nilai rata-rata 8.64. Hal ini menunjuukkan rata-rata hasil belajar siswa laki-laki lebih tinggi daripada siswa perempuan. Rata-rata hasil belajar laki-laki dalam kategori baik yaitu dalam interval 8,5-9,2, dan rata-rata hasil belajar siswa perempuan dalam kategori baik yaitu dalam interval 8,3-9,0. Hasil analisis uji hipotesis diketahui dengan menggunakan uji F menunjukkan varian adalah homogen, karena F hitung diperoleh 1,10 dan F tabel diperoleh 1,88. F hitung < F tabel jadi varian homogen. uji t menunjukkan bahwa antara variabel X1 dengan X2 tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai t hitung = 0.936 dan pada taraf signifikansi 5% diketahui nilai t tabel = 2.002, maka t hitung < t tabel. Karena t hitung < t tabel maka Ho diterima dan Ha ditolak. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan kelas XI IPA MA Matholi’ul Huda bugel Jepara tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Gender; Biologi; Sistem Peredaran Darah Manusia
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 305 Social groups
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Biologi
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 14 Dec 2013 03:52
Last Modified: 14 Dec 2013 03:52
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/916

Actions (login required)

View Item View Item