Pengaruh Perhatian Orangtua terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di MI Mazro’atul Huda Tridonorejo Bonang Demak Tahun 2011/2012

Umayah, Wahyu Hidayatil (2013) Pengaruh Perhatian Orangtua terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di MI Mazro’atul Huda Tridonorejo Bonang Demak Tahun 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083911060_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911060_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911060_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911060_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911060_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911060_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911060_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MI Mazro’atul Huda Tridonorejo Bonang Demak. banyak tersaksikan orangtua yang tidak mau memaksa anak-anaknya mengaji karena berasumsi mereka masih kecil, belum mengerti kewajiban mengaji. Orang tua lebih cenderung mementingkan pendidikan umum dan acuh terhadap pendidikan agama anak. Orang tua yang sibuk dengan kepentingannya sendiri dan mengabaikan perhatian dan juga pendidikan anaknya. Rumusan masalah dalam penelitan ini adalah apakah perhatian orang tua berpengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MI Mazro’atul Huda Tridonorejo Bonang Demak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “pengaruh perhatian orang tua terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MI Mazro’atul Huda Tridonorejo Bonang Demak”. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research. Penelitian ini merupakan penelitian sampel karena responden yang berjumlah 45 siswa diambil dari populasiyang berjumlah 256. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket untuk memperoleh data variabel X yaitu perhatian orang tua dan metode tes lisan untuk variabel Y yaitu kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MI Mazro’atul Huda. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik inferensial , pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi satu prediktor dengan skor deviasi.pengujian hipotesis penelitian menunjukan bahwa: perhatian orang tua memberikan pengaruh yang positif terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MI Mazro’atul Huda, hal ini terbukti berdasarkan analisis regresi satu prediktor yaitu, bahwa pada taraf signifikansi 5 % = 4.06 dan pada taraf signifikansi 1 % = 7.24 Maka nilai sebesar 78.702 lebih besar daripada , baik pada taraf signifikansi 5 % maupun 1 %. Dengan demikian, hasilnya dinyatakan signifikan dan hipotesis yang diajukan diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Orang Tua; Kemampuan Membaca Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 16 Dec 2013 04:51
Last Modified: 16 Dec 2013 04:51
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/923

Actions (login required)

View Item View Item