Efektivitas model pembelajaran reciprocal teaching dengan reward and punishment terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep pada materi segiempat di MTS NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus

Faradisa, Nisrina (2018) Efektivitas model pembelajaran reciprocal teaching dengan reward and punishment terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep pada materi segiempat di MTS NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
133511029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi adanya permasalahan di kelas VII MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus yakni motivasi belajar dan kemampuan pemahaman konsep pada siswa yang masih kurang. Hal ini dikarenakan: (1) Siswa masih kesulitan dalam mengklasifikasikan bangun datar segiempat menurut sifat – sifatnya, (2) Siswa masih kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan karena kurang tepatnya dalam menggunakan prosedur penyelesaian masalah, (3) Pembelajaran yang masih menggunakan model konvensional yang menyebabkan pembelajaran tidak menekankan pada konsep dan tidak adanya kegiatan yang menarik sehingga pembelajaran terkesan monoton yang membuat siswa menjadi tidak bersemangat dalam belajar dan cepat bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model reciprocal teaching dengan reward and punishment terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep pada materi segiempat kelas VII semester 2 di MTs NU Hasyim Asy’ari Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian eksperimen dalam penelitian ini adalah ”true eksperimental design” dengan bentuk “pretest-posttest control group design” Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus tahun pelajaran 2016 / 2017. Karena hanya terdiri dari dua kelas maka teknik sampling yang digunakan adalah sampling total yang artinya populasi dijadikan sebuah sampel. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain dengan angket dan tes. Hasil penelitian diperoleh rata – rata motivasi belajar dan posttest pemahaman konsep kelas eksperimen adalah 91,84 dan 80,68. Sedangkan pada kelas kontrol rata – rata skor motivasi belajar dan nilai posttest pemahaman konsep adalah 88,70 dan 71,87. Dari hasil uji perbedaan rata – rata motivasi belajar diperoleh nilai t_hitung=1,826 dan t_(tabel )=1,679 karena t_hitung>t_tabel maka H_o ditolak dan H_a diterima, artinya rata – rata motivasi belajar kelas eksperimen yang menggunakan model reciprocal teaching dengan reward and punishment lebih baik dari pada rata – rata motivasi belajar kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dari hasil uji perbedaan rata – rata posttest pemahaman konsep diperoleh nilai t_hitung=2,983 dan t_tabel=1,679. Karena t_hitung>t_tabel (2,983>1,679) maka H_o ditolak atau H_a diterima, artinya rata – rata nilai posttest pemahaman konsep kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dengan reward and punishment lebih baik dari pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran reciprocal teaching dengan reward and punishment efektif terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep pada materi segiempat di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMujiasih, MujiasihUNSPECIFIED
Thesis advisorSaminanto, SaminantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Reciprocal teaching; Reward and punishment; Motivasi belajar; Pemahaman konsep; Pembelajaran matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 18 Apr 2019 04:01
Last Modified: 18 Apr 2019 04:01
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9303

Actions (login required)

View Item View Item