Pengembangan media pembelajaran biologi berbasis web terintegrasi nilai keislaman pada materi struktur dan fungsi jaringan hewan di kelas XI MA Futuhiyyah 2 Mranggen Demak

Zakiyyah, Fitri (2018) Pengembangan media pembelajaran biologi berbasis web terintegrasi nilai keislaman pada materi struktur dan fungsi jaringan hewan di kelas XI MA Futuhiyyah 2 Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
133811067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Internet merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi saat ini, namun belum dimanfaatkan secara maksimal oleh guru dalam kegiatan pembelajaran. Hasil wawancara terhadap guru menunjukkan bahwa materi struktur dan fungsi jaringan hewan cukup sulit dipahami oleh siswa. Selain itu, paradigma unity of science perlu diterapkan dalam pembelajaran sehingga siswa juga mendapatkan pengetahuan tentang konteks keislaman. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melakukan penelitian berupa Pengembangan media pembelajaran biologi berbasis web terintegrasi nilai keislaman pada materi struktur dan fungsi jaringan hewan di kelas XI MA Futuhiyyah 2 Mranggen Demak. Pengembangan ini bertujuan mengetahui kelayakan produk media yang dihasilkan. Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan Moodle. Data kualitatif diperoleh dari tanggapan ahli materi, ahli media, guru biologi, dan tanggapan peserta didik terhadap media pembelajaran biologi berbasis web terintegrasi nilai keislaman. Data kuantitatif didapat dari skor angket dan evaluasi hasil belajar melalui pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan kriteria sangat layak. Hal tersebut berdasarkan pada penilaian ahli materi sebesar 81,29%, ahli media sebesar 86,66%, tanggapan guru biologi sebesar 98%, dan tanggapan peserta didik kelas besar sebesar 85,06% dengan rata-rata keempatnya sebesar 87,75%. Adapun hasil untuk presentase tanggapan peserta didik pada kelas kecil adalah 81,91% dengan kriteria sangat layak. Kelayakan juga didukung dengan hasil belajar peserta didik dengan tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 96,96% dan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post test siswa dalam menggunakan media pembelajaran biologi berbasis web terintegrasi nilai keislaman dengan rata-rata pre-test 73,03 dan post-test 91,52.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMukhlishoh, SitiUNSPECIFIED
Thesis advisorKhoiri, NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Pembelajaran biologi; Integrasi Islam dan sains; Struktur dan fungsi jaringan hewan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
500 Natural sciences and mathematics > 590 Zoological sciences > 591 Zoology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 18 Apr 2019 09:59
Last Modified: 18 Apr 2019 09:59
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9321

Actions (login required)

View Item View Item