Pengembangan media pembelajaran biologi berbasis web terintegrasi nilai keislaman pada materi struktur dan fungsi jaringan hewan di kelas XI MA Futuhiyyah 2 Mranggen Demak
Zakiyyah, Fitri (2018) Pengembangan media pembelajaran biologi berbasis web terintegrasi nilai keislaman pada materi struktur dan fungsi jaringan hewan di kelas XI MA Futuhiyyah 2 Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
133811067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (8MB) | Preview
Abstract
Internet merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi saat ini, namun belum dimanfaatkan secara maksimal oleh guru dalam kegiatan pembelajaran. Hasil wawancara terhadap guru menunjukkan bahwa materi struktur dan fungsi jaringan hewan cukup sulit dipahami oleh siswa. Selain itu, paradigma unity of science perlu diterapkan dalam pembelajaran sehingga siswa juga mendapatkan pengetahuan tentang konteks keislaman. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melakukan penelitian berupa Pengembangan media pembelajaran biologi berbasis web terintegrasi nilai keislaman pada materi struktur dan fungsi jaringan hewan di kelas XI MA Futuhiyyah 2 Mranggen Demak. Pengembangan ini bertujuan mengetahui kelayakan produk media yang dihasilkan. Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan Moodle. Data kualitatif diperoleh dari tanggapan ahli materi, ahli media, guru biologi, dan tanggapan peserta didik terhadap media pembelajaran biologi berbasis web terintegrasi nilai keislaman. Data kuantitatif didapat dari skor angket dan evaluasi hasil belajar melalui pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan kriteria sangat layak. Hal tersebut berdasarkan pada penilaian ahli materi sebesar 81,29%, ahli media sebesar 86,66%, tanggapan guru biologi sebesar 98%, dan tanggapan peserta didik kelas besar sebesar 85,06% dengan rata-rata keempatnya sebesar 87,75%. Adapun hasil untuk presentase tanggapan peserta didik pada kelas kecil adalah 81,91% dengan kriteria sangat layak. Kelayakan juga didukung dengan hasil belajar peserta didik dengan tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 96,96% dan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post test siswa dalam menggunakan media pembelajaran biologi berbasis web terintegrasi nilai keislaman dengan rata-rata pre-test 73,03 dan post-test 91,52.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; Pembelajaran biologi; Integrasi Islam dan sains; Struktur dan fungsi jaringan hewan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology 500 Natural sciences and mathematics > 590 Animals (Zoological sciences) > 591 Specific topics in natural history of animals |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Muhammad Khozin |
Date Deposited: | 18 Apr 2019 09:59 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 06:46 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9321 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year