Pengembangan media pembelajaran biologi berbasis permainan biodakon materi vertebrata kelas X MA Matholi’ul Huda Troso Jepara

Alfiyah, Siti (2018) Pengembangan media pembelajaran biologi berbasis permainan biodakon materi vertebrata kelas X MA Matholi’ul Huda Troso Jepara. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
1403086023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Keterbatasan media pendukung kurikulum 2013 menjadikan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran yang digunakan guru Biologi kelas X MA Matholi’ul Huda Troso Jepara; mengetahui media yang dibutuhkan peserta didik kelas X MA Matholi’ul Huda Troso Jepara; serta mengetahui kelayakan media pembelajaran Biologi berbasis permainan Biodakon materi Vertebrata di kelas X MA Matholi’ul Huda Troso Jepara. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (1974) yang terdiri dari 4 tahap, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini terbatas dilakukan sampai tahap develop. Tahap define terdiri atas analisis ujung depan, analisis kebutuhan peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan perumusan tujuan pembelajaran. Tahap design merupakan perancangan media beserta seperangkatnya menggunakan aplikasi Corel DRAW X7. Tahap develop merupakan validasi media oleh ahli materi, ahli media, dan guru Biologi. Uji lapangan dilakukan pada kelas X MIA 1 MA Matholi’ul Huda Troso Jepara yang berjumlah 33 peserta didik. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang sering digunakan guru Biologi kelas X MA Matholi’ul Huda Troso Jepara berdasarkan analisis angket kebutuhan peserta didik adalah 63% media gambar, 17% media video, 3% media berupa alat peraga, dan 17% media proyektor berupa PPT; media pembelajaran Biologi yang dibutuhkan peserta didik kelas X MA Matholi’ul Huda Troso Jepara berdasarkan analisis angket kebutuhan peserta didik adalah 26% media video, 3% media gambar 3D, 6% alat peraga, dan 65% media permainan; dan media pembelajaran Biologi berbasis permainan Biodakon materi Vertebrata sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran Biologi di kelas X MA Matholi’ul Huda Troso Jepara yang didasarkan pada validasi para ahli dengan persentase kelayakan ahli materi sebesar 81,4%, ahli media sebesar 85,6%, guru Biologi sebesar 85,4%, dan tanggapan peserta didik sebesar 86%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMiswari, MiswariUNSPECIFIED
Thesis advisorNorra, Bunga IhdaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Permainan Biodakon; Vertebrata; Pembelajaran biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 23 Apr 2019 09:23
Last Modified: 23 Apr 2019 09:23
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9326

Actions (login required)

View Item View Item