Pengembangan media pembelajaran biologi berbasis permainan biodakon materi vertebrata kelas X MA Matholi’ul Huda Troso Jepara
Alfiyah, Siti (2018) Pengembangan media pembelajaran biologi berbasis permainan biodakon materi vertebrata kelas X MA Matholi’ul Huda Troso Jepara. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.
1403086023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (15MB) | Preview
Abstract
Keterbatasan media pendukung kurikulum 2013 menjadikan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran yang digunakan guru Biologi kelas X MA Matholi’ul Huda Troso Jepara; mengetahui media yang dibutuhkan peserta didik kelas X MA Matholi’ul Huda Troso Jepara; serta mengetahui kelayakan media pembelajaran Biologi berbasis permainan Biodakon materi Vertebrata di kelas X MA Matholi’ul Huda Troso Jepara. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (1974) yang terdiri dari 4 tahap, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini terbatas dilakukan sampai tahap develop. Tahap define terdiri atas analisis ujung depan, analisis kebutuhan peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan perumusan tujuan pembelajaran. Tahap design merupakan perancangan media beserta seperangkatnya menggunakan aplikasi Corel DRAW X7. Tahap develop merupakan validasi media oleh ahli materi, ahli media, dan guru Biologi. Uji lapangan dilakukan pada kelas X MIA 1 MA Matholi’ul Huda Troso Jepara yang berjumlah 33 peserta didik. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang sering digunakan guru Biologi kelas X MA Matholi’ul Huda Troso Jepara berdasarkan analisis angket kebutuhan peserta didik adalah 63% media gambar, 17% media video, 3% media berupa alat peraga, dan 17% media proyektor berupa PPT; media pembelajaran Biologi yang dibutuhkan peserta didik kelas X MA Matholi’ul Huda Troso Jepara berdasarkan analisis angket kebutuhan peserta didik adalah 26% media video, 3% media gambar 3D, 6% alat peraga, dan 65% media permainan; dan media pembelajaran Biologi berbasis permainan Biodakon materi Vertebrata sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran Biologi di kelas X MA Matholi’ul Huda Troso Jepara yang didasarkan pada validasi para ahli dengan persentase kelayakan ahli materi sebesar 81,4%, ahli media sebesar 85,6%, guru Biologi sebesar 85,4%, dan tanggapan peserta didik sebesar 86%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; Permainan Biodakon; Vertebrata; Pembelajaran biologi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20] |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Muhammad Khozin |
Date Deposited: | 23 Apr 2019 09:23 |
Last Modified: | 23 Apr 2019 09:23 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9326 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year