Pengembangan modul bergambar untuk pembelajaran IPA berwawasan unity of sciences materi reproduksi dan keluarga berencana pada kelas XI tunarungu di SMALB PRI Pekalongan

Fitriani, Fina (2018) Pengembangan modul bergambar untuk pembelajaran IPA berwawasan unity of sciences materi reproduksi dan keluarga berencana pada kelas XI tunarungu di SMALB PRI Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
1403086036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan modul bergambar sesuai dengan kemudahan pemahaman siswa tunarungu, selain itu ditambah dengan salah satu tujuan fakultas sains dan teknologi UIN Walisongo yaitu menghasilkan lulusan yang unggul dalam bidang sains dan teknologi serta memiliki wawasan unity of sciences dan berakhlakul karimah, maka peneliti melakukan penelitian berupa pengembangan modul bergambar berwawasan unity of sciences untuk pembelajaran IPA materi reproduksi dan keluarga berencana pada kelas XI Tunarungu di SMALB PRI Pekalongan. Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan modul yang dikembangkan. Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D Thiagarajan (1974). Tahapan 4-D tersebut antara lain: define, design, develop dan dessiminate. Instrumen yang digunakan angket dan tes (pre-test dan post-test). Data angket didapat dari ahli materi, ahli media serta guru IPA SMALB kemudian data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif, sedangkan data hasil pre-test dan post-test dianalisis secara kuantitaif. Hasil penilaian menunjukkan bahwa modul bergambar berwawasan unity of sciences layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini didasarkan pada presentase rata-rata penilaian dari ahli materi 95%, ahli media 85,3% dan guru IPA SMALB 95,2%. Sementara tingkat kognitif siswa mendapat kenaikan skor dari nilai pre-test ke post-test yaitu 45,5 menjadi 91,25 dan mencapai kriteria sangat tinggi dengan tingkat ketuntasan klasikal yaitu 87,5%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorIsmail, IsmailUNSPECIFIED
Thesis advisorLianah, LianahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; Modul bergambar; Unity of sciences; Integrasi sains dan Islam; Reproduksi; Keluarga berencana; Pembelajaran biologi; Tunarungu
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 23 Apr 2019 09:35
Last Modified: 23 Apr 2019 09:35
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9332

Actions (login required)

View Item View Item