Pengembangan kit praktikum subtractor (half dan full subtractor) pada praktikum elektronika dasar II Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang

Utrujjah, Fauziah (2018) Pengembangan kit praktikum subtractor (half dan full subtractor) pada praktikum elektronika dasar II Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img] Text
1403066023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Praktikum elektronika dasar II pada modul gerbang subtractor mempunyai tujuan yaitu membuktikan tabel kebenaran, dengan cara merakit rangkaian secara konvensional. Dari hasil observasi praktikum secara konvensional yang dilakukan mahasiswa banyak mengalami kegagalan, karena kesalahan dalam merangkai rangkaian pada saat praktikum. Selain itu, waktu yang digunakan untuk praktikum juga relatif lama. Berdasarkan permasalahan yang telah dipaparkan peneliti mengembngkan sebuah kit praktikum untuk modul subtractor. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) dengan langkah-langkah yaitu studi pendahuluan, perencanaan dan pengembangan produk, validasi dan revisi produk, uji lapangan dan revisi, serta produk akhir. Teknik pengambilan sampel dengan cara cluster sampling dengan sampel mahasiswa pendidikan fisika angkatan 2015, pendidikan fisika angkatan 2016 dan mahasiswa fisika 2016. Metode pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian setelah dilakukan studi pendahuluan pada mahasiswa pendidikan fisika angkatan 2015 didapatkan bahwa kit praktikum layak untuk dikembangkan. Kemudian setelah dirancang dan dikembangkan menjadi sebuah kit, langkah selanjutnya adalah validasi ahli. Hasil yang didapatkan untuk uji ahli materi mesndapatkan kategori sangat layak (SL) yaitu persentase 100%, sedangkan menurut ahli media produk dikategorikan layak (L) dengan persentase 70 %. Hasil uji lapangan skala kecil didapatkan persentase 86,25 %, sehingga tergolong sangat layak. Kemudian setelah produk direvisi dilanjutkan uji lapangan skala besar dan didapatkan hasil persentase kelayakan 91,4%, sehingga kit praktikum subtractor dapat dikategorikan sangat layak.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorSudarmanto, AgusUNSPECIFIED
Thesis advisorKhuzaimah, HestiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Kit praktikum; Subtractor; Elektronika dasar; Pembelajaran fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 537 Electricity and electronics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 29 Apr 2019 09:46
Last Modified: 29 Apr 2019 09:46
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9345

Actions (login required)

View Item View Item