Efektivitas metode tutor sebaya terbimbing untuk mereduksi miskonsepsi siswa kelas X MA NU Nurul Huda Semarang pada materi hukum Newton

Maslakhah, Yuliana Dewi Indah (2018) Efektivitas metode tutor sebaya terbimbing untuk mereduksi miskonsepsi siswa kelas X MA NU Nurul Huda Semarang pada materi hukum Newton. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
133611061.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan metode tutor sebaya terbimbing untuk mereduksi miskonsepsi siswa kelas X MA NU Nurul Huda Semarang pada materi Hukum Newton. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA MA NU Nurul Huda Semarang semester ganjil tahun pelajaran 2017/ 2018. Desain penelitian yang digunakan adalah Control Group Pre-test-Posttest Design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda beralasan, angket, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diambil adalah nilai hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes. Hasil analisis data penelitian dengan uji t menunjukkan t_hitung>t_tabel yang artinya hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol. Berdasarkan analisis peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen diperoleh nilai gain sebesar 0,42 dan kelas kontrol sebesar 0,34. Hasil analisis derajat miskonsepsi siswa diperoleh kelas eksperimen mengalami pereduksian miskonsepsi sebesar 20% dan kelas kontrol sebesar 8%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode tutor sebaya terbimbing efektif untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada materi Hukum Newton.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorAnwar, Edi DaenuriUNSPECIFIED
Thesis advisorFariyani, QisthiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Tutor sebaya terbimbing; Miskonsepsi; Pembelajaran fisika; Hukum Newton
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 29 Apr 2019 10:03
Last Modified: 29 Apr 2019 10:03
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9351

Actions (login required)

View Item View Item