Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual pada Bidang Studi Bahasa Arab (PTK) Siswa Kelas VIII MTs Filial al–Iman Adiwerna Kabupaten Tegal

Hamid, Abdul (2010) Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual pada Bidang Studi Bahasa Arab (PTK) Siswa Kelas VIII MTs Filial al–Iman Adiwerna Kabupaten Tegal. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Hamid_Tesis_Sinopsis.pdf]
Preview
Text
Hamid_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of Hamid_Tesis_Bab1.pdf]
Preview
Text
Hamid_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of Hamid_Tesis_Bab4.pdf]
Preview
Text
Hamid_Tesis_Bab4.pdf - Submitted Version

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah kenyataan bahwa selama ini, pengajaran bahasa Arab dirasakan sebagai salah satu mata pelajaran yang sulit difahami oleh peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Iman Adiwerna, sehingga tidak sedikit di antara mereka yang tidak faham bahasa Arab meskipun mereka sudah tamat dari Madrasah tersebut. Hal ini diakibatkan antara lain kurangnya motivasi mereka untuk mempelajari bahasa Arab di sebabkan metode pengajaran yang kurang menarik. Seorang pendidik harus pandai memilih metode dan teknik yang akan dipergunakan, dan teknik tersebut harus dapat memotivasi serta memberikan kepuasan bagi anak didiknya sehingga hasil atau prestasi belajar siswa yang semakin meningkat.
Menjawab persoalan tersebut perlu diterapkan suatu metode alternatif guna mempelajari bahasa Arab yang kondusif dengan suasana yang cenderung rekreatif sehingga memotivasi dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah dengan penerapan suatu paradigma baru dalam pembelajaran di kelas yaitu dengan metode pembelajaran kontekstual, dikarenakan ada kecenderungan dewasa ini untuk kembali pada pemikiran bahwa anak akan lebih baik jika lingkungannya diciptakan alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika anak-anak “mengalami” apa yang dipelajarinya, bukan “mengetahui”-nya.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual pada Bidang Studi Bahasa Arab (PTK) Siswa Kelas VIII MTs Filial Al – Iman Adiwerna Kabupaten Tegal untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar.
Penelitian ini bertujuan yang pertama untuk mendeskripsikan dan menganalisis aplikasi pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan motivasi belajar pada pelajaran bahasa Arab. Tujuan yang kedua dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis aplikasi pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan prestasi belajar pada pelajaran bahasa Arab.
Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), dengan jenis kolaboratif partisipatoris. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang bertujuan meningkatkan praktek pembelajaran secara berkesinambungan, yang pada dasarnya melekat pada terlaksananya misi profesional pendidikan yang diemban guru. Sedangkan jenis penelitian kolaboratif yaitu partisipasi antara guru-siswa dan mungkin asisten atau teknisi yang terkait membantu proses pembelajaran. Hal ini didasarkan pada adanya tujuan yang sama yang ingin dicapai.
Setelah melakukan penelitian diperoleh hasil bahwa aplikasi pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII.3 MTs Filial Al Iman Adiwerna terhadap pelajaran bahasa Arab dengan materi perpustakaan. Indikator peningkatan motivasi belajar siswa terlihat dari bertambahnya semangat dan antusias siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, tidak tampak adanya rasa malas dan letih dari roman muka siswa, mereka selalu menampakkan rasa gembira dan senang selama mengikuti pelajaran, selalu berusaha menyelesaikan tugas-tugas dalam waktu yang telah ditentukan, besarnya rasa ingin tahu mereka yang diaplikasikan dengan melontarkan pertanyaan-pertanyaan apabila ada materi yang kurang dipahami oleh mereka, serta terjadi peningkatan di prestasi belajar hal ini bisa dilihat dari hasil tes wawancara dan hasil tes tertulis

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar; Prestasi Belajar; Pendekatan Pembelajaran Kontekstual; Learning Motivation; Learning Achievement; Contextual Teaching Approach
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 28 Sep 2013 02:53
Last Modified: 28 Sep 2013 02:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/94

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics