Studi Eksperimen Permainan Bahasa Bisik Berantai terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas V SD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012

Safi’ah, Isni (2012) Studi Eksperimen Permainan Bahasa Bisik Berantai terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas V SD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083911030_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911030_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911030_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911030_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911030_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911030_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911030_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh hasil belajar peserta didik dalam kelas yang menggunakan pembelajaran bisik berantai dan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran bahasa Arab materi perpustakaan kelas V semester II di SD Islam Banyumanik Semarang tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di SD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang terbagi menjadi dua kelas. Dimana kelas eksperimen berjumlah 27 dan kelas kontrol berjumlah 27. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode tes. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan nilai ulangan harian sebelumnya. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan permaianan bahasa bisik berantai dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah data hasil belajar dari perlakuan yang berbeda didapat, maka dilakukan analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikan = 5% diperoleh thitung = 4,321, dan ttable =2,000 Karena thitung > t table maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar peserta didik antara kelas yang menggunakan pembelajaran bisik berantai dan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran bahasa Arab materi pokok perpustakaan kelas V semester genap di SD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang tahun ajaran 2011/2012 dengan rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 81,85 dan kelompok kontrol = 70,74.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bahasa Bisik Berantai; Hasil Belajar; Peserta Didik; Mata Pelajaran Bahasa Arab
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 16 Dec 2013 04:22
Last Modified: 16 Dec 2013 04:22
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/963

Actions (login required)

View Item View Item