Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Materi Pokok Listrik Dinamis di MANU Limpung Tahun Pelajaran 2011/2012.

Khasani, Akrom (2012) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Materi Pokok Listrik Dinamis di MANU Limpung Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083611032_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611032_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611032_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611032_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611032_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611032_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611032_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran CIRC, untuk mengetahui bagaimana hasil belajar peserta didik setelah penerapan model pembelajaran CIRC dan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan penggunaan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MANU Limpung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, sedangkan sampelnya adalah kelas X-4 yang terdiri dari 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X-5 yang terdiri dari 29 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan dokumentasi digunakan untuk menjaring nilai hasil belajar siswa kelas X dan XI IPA semester gasal sebagai data awal dan metode tes digunakan untuk menjaring data post-test akhir. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan hasil nilai tes awal. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah data nilai akhir didapat terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikasi = 5% diperoleh thitung = 1,99, sedangkan ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel maka berarti rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika materi pokok listrik dinamis dengan penggunaan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 61,90 dan kelompok kontrol = 56,72 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas X-4 materi pokok listrik dinamis. Dengan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan menjadi inovasi bagi para mahasiswa dan para pendidik agar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan bagi para peserta didik agar dapat menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition); Listrik Dinamis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 537 Electricity and electronics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 16 Dec 2013 06:43
Last Modified: 16 Dec 2013 06:43
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/971

Actions (login required)

View Item View Item