Efektivitas Model Pembelajaran Aktif Bermain Jawaban terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Materi Pokok Alat-Alat Optik MAN 1 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012

Amaliyah, Husanatun (2012) Efektivitas Model Pembelajaran Aktif Bermain Jawaban terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Materi Pokok Alat-Alat Optik MAN 1 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083611035_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611035_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611035_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611035_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611035_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611035_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611035_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (17kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang efektivitas penggunaan model pembelajaran aktif bermain jawaban terhadap hasil belajar fisika peserta didik materi pokok alat-alat optik MAN 1 Semarang tahun pelajaran 2011/2012. Kajiannya dilatarbelakangi oleh sulitnya peserta didik dalam mempelajari materi pokok Alat-Alat Optik. Hal ini dikarenakan peserta didik kurang mempunyai kemampuan pemahaman konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas penggunaan model pembelajaran aktif bermain jawaban terhadap hasil belajar fisika peserta didik materi pokok alat-alat optik MAN 1 Semarang tahun pelajaran 2011/2012. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah model pembelajaran aktif bermain jawaban efektif terhadap hasil belajar fisika peserta didik materi pokok alat-alat optik MAN 1 Semarang tahun pelajaran 2011/2012? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian eksperimen dengan desain “posttest-only control design” yang dilaksanakan di kelas X MAN 1 Semarang. Madrasah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan data keadaan peserta didik. Datanya diperoleh dengan metode wawancara, metode dokumentasi dan metode tes. Sebelum diberi perlakuan terlebih dahulu dilakukan uji keseimbangan yaitu uji normalitas, homogenitas dan uji kesamaan dua rata-rata dengan menggunakan nilai mid semester sebelumnya. Kemudian sampel dipilih dua kelas dengan teknik cluster random sampling. Setelah itu kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran aktif Bermain Jawaban dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah data didapat, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Kemudian data dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) pihak kanan. Kajian ini menunjukkan bahwa : rata-rata hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran aktif Bermain Jawaban lebih baik dari pada peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional. Hal ini berdasarkankan perhitungan hasil penelitian yaitu diperoleh , sedangkan . Karena maka ditolak. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 75,31 dan kelas kontrol = 71,33, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran aktif Bermain Jawaban lebih efektif dari pada metode pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Aktif Bermain Jawaban; Fisika; Alat Optik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 539 Modern physics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 16 Dec 2013 06:46
Last Modified: 16 Dec 2013 06:46
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/973

Actions (login required)

View Item View Item