Pengaruh persepsi siswa tentang pola asuh otoriter dan demokratis terhadap kemandirian siswa kelas V MI Islamiyah Podorejo Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang tahun pelajaran 2018/2019

Puspaningtyas, Cyntia Ayu (2019) Pengaruh persepsi siswa tentang pola asuh otoriter dan demokratis terhadap kemandirian siswa kelas V MI Islamiyah Podorejo Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas pengaruh persepsi siswa tentang pola asuh otoriter dan demokratis terhadap kemandirian siswa kelas V MI Islamiyah Podorejo Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Kajiannya dilatarbelakangi oleh peran pemilihan pengasuhan yang tepat menunjang tingkat kemandirian peserta didik. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Adakah pengaruh persepsi siswa tentang pola asuh otoriter terhadap kemandirian siswa kelas V MI Islamiyah Podorejo Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang tahun pelajaran 2018/2019, kemudian Adakah pengaruh persepsi pola asuh demokratis terhadap kemandirian siswa kelas V MI Islamiyah Podorejo Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MI Islamiyah Desa Podorejo Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode instrumen angket penelitian, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument angket untuk menjaring data tentang pola asuh otoriter (Variabel X1), pola asuh demokratis (Variabel X2). Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan objek penelitian 20 responden. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu pola asuh otoriter dan demokratis (X) sebagai variabel bebas dan kemandirian siswa (Y) sebagai variabel terikat. Data kedua variabel yang telah didapatkan kemudian dikumpulkan dan diolah untuk mengetahui serta menjawab permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan teknik korelasi regresi berganda dan uji t. Dari hasil analisis menunjukan ada Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Pola Asuh Otoriter dan Demokratis Terhadap Kemandirian Siswa Kelas V MI Islamiyah Podorejo Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t pada taraf signifikansi 5% diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu 11,6 > 1,734. Dari hasil pengujian yang diperoleh menunjukkan bahwa Ho ditolak dan HI = diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang pola asuh otoriter dan demokratis terhadap kemandirian siswa kelas V MI Islamiyah Podorejo Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang tahun pelajaran 2018/2019.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorWahib, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pola asuh; Kemandirian siswa; Otoriter; Demokratis
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 06 Aug 2019 02:07
Last Modified: 06 Aug 2019 02:07
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9746

Actions (login required)

View Item View Item