Implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) di MI Negeri Kota Semarang tahun ajaran 2018/2019

Azmi, Nelul (2019) Implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) di MI Negeri Kota Semarang tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1403096102_Nelul Azmi]
Preview
Text (Skripsi_1403096102_Nelul Azmi)
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pentingnya literasi dalam dunia pendidikan sebagai upaya membangun generasi bangsa dengan wawasan yang luas yang berbudi pekerti luhur. Maka Pemerintah melalui Kemendikbud mengeluarkan Permendikbud no. 23 tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti (PBP) yang diwujudkan melalui implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dari jenjang SD sampai SMA.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Bagaimana penelitian ini akan mendeskripsikan implementasi Gerakan Literasi Sekolah di MI Negeri Kota Semarang. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan bagaimana implementasi Gerakan Literasi Sekolah di MI Negeri Kota Semarang, apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi Gerakan Literasi Sekolah di MI Negeri Kota Semarang, serta bagaimana solusi mengatasi hambatan pada implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di MI Negeri Kota Semarang.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Implementasi GLS di MIN Kota Semarang diwujudkan dengan melaksanakan program Juz Amma Ceria, Reading Morning, Wajib Kkunjung Pondok Baca, Layanan Lambat Baca Tulis, Mading, Pemilihan Duta Baca, Layanan Baca Untuk Orang Tua, dan Cerita Bergambar/Cergam (2) Faktor pendukung implementasi GLS di MIN Kota Semarang yaitu: peran aktif warga sekolah, antusias siwa tinggi, bantuan dari pihak lain, lingkungan sekolah yang kondusif, dukungan dari orang tua siswa, dan adanya mahasiswa PPL. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: tidak adanya ruang khusus Perpustakaan, kondisi buku kurang layak, serta motivasi dari anak yang beraneka ragam (3) Solusi untuk mengatasi masalah implementasi GLS di MIN Kota Semarang antara lain: membuat pojok baca, pengadaan buku, penanaman motivasi terhadap anak, serta menjadikan guru/staff sebagai pengurus perpustakaan selama belum adanya pustakawan khusus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gerakan Literasi Sekolah (GSL); Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 13 Jul 2019 03:02
Last Modified: 29 May 2021 02:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9789

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics