Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Talking Stick Berbantuan CD Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas V Pada Mata Pelajaran Fikih Materi Pokok Mengenal Makanan atau Minuman yang Halal dan Haram di MIN Wonoketingal Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2012/2013

Afifun Na’im, M (2012) Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Talking Stick Berbantuan CD Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas V Pada Mata Pelajaran Fikih Materi Pokok Mengenal Makanan atau Minuman yang Halal dan Haram di MIN Wonoketingal Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083911035_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911035_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911035_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911035_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911035_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911035_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911035_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan strategi pembelajaran Talking Stick berbantuan CD pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif mata pelajaran fikih peserta didik kelas V pada materi pokok mengenal makanan atau minuman yang halal dan haram di MIN Wonoketingal. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MIN Wonoketingal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah peserta didik 80, karena jumlah populasi kurang dari 100, maka seluruh populasi dijadikan sampel, dengan kelas V A yang terdiri dari 40 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas V B yang terdiri dari 40 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode tes. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan nilai ulangan harian sebelumnya. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran Talking Stick berbantuan CD pembelajaran dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah data hasil belajar dari perlakuan yang berbeda didapat, maka dilakukan prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikan = 5% diperoleh thitung = 3,481, sedangkan t table =1,66 Karena thitung > t table maka berarti rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik yang diberikan pengajaran dengan strategi pembelajaran Talking Stick berbantuan CD pembelajaran lebih baik daripada peserta didik yang diberikan pengajaran dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 71,100 dan kelompok kontrol =64,800, sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Talking Stick berbantuan CD pembelajaran efektif terhadap peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran fikih materi pokok mengenal makanan atau minuman yang halal dan haram kelas V semester gasal MIN Wonoketingal Tahun Pelajaran 2012/2013. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 71,100 dan kelompok kontrol = 64,800. Selain itu besarnya nilai signifakan penggunaan strategi pembelajaran Talking Stick berbantuan CD pembelajaran adalah 14,9 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Talking Stick; CD Pembelajaran; Fikih; Makanan atau Minuman yang Halal dan Haram
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 16 Dec 2013 07:45
Last Modified: 16 Dec 2013 07:45
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/982

Actions (login required)

View Item View Item