Pengembangan bahan ajar berbasis nilai spiritual Islam dengan model pembelajaran kooperatif pada materi sel

Bayu, Bagus Adi (2019) Pengembangan bahan ajar berbasis nilai spiritual Islam dengan model pembelajaran kooperatif pada materi sel. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Kebijakan kurikulum 2013, menghilangkan aspek Afektif yang meliputi religius dan sosial pada semua mata pelajaran, terkecuali Pendidikan Agama dan Pendidikan Kewarganegaraan, hal ini menjadikan dasar penelitian dengan pengembangan bahan ajar berupa Bahan Ajar berbasis nilai spiritual Islam, dengan tujuan tidak terpisahnya aspek afektif berupa religius dengan materi sehinga moral peserta didik tetap terjaga dengan baik. Model pembelajaran kooperatif digunakan dengan tujuan agar pembelajaran tidak membosankan dan sesuai kebutuhan peserta didik yang lebih tertarik dengan pembelajaran yang menyenangkan. Pemilihan materi sel sebagai materi yang digunakan sebagai penelitian didukung dari hasil observasi yang menunjukan rata-rata peserta didik memperoleh nilai 70 dibawah KKM yang seharusnya 72. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop dan Disseminate) namun dimodifikasi menjadi 3D, dibatasi sampai tahap Develop dan tahap Disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu penelitian. Uji coba pengembangan produk dengan dilakukan validasi produk oleh ahli materi, ahli media dan praktisi, dan uji coba terbatas diakukan pada satu kelas penuh, menggunakan sampel jenuh, karena jumlah populasi peserta didik dalam satu kelas kurang dari 30 peserta didik. Berdasarkan hasil uji coba pengembangan untuk mengukur kelayakan Bahan Ajar berbasisi nilai spiritual islam dengan model pembelajaran kooperatif pada materi sel, persentasi kelayakan bahan ajar oleh ahli meteri pertama sebesar 99,20%, oleh ahli materi kedua sebesar 93.60%, oleh ahli media sebesar 67,37% oleh guru biologi sebagai ahli materi sebesar 79,20%, dan guru biologi sebagai ahli media sebesar 85,26% yang berarti Bahan Ajar ini termasuk dalam kategori sangat layak dari aspek materi dan media, kemudian hasil uji coba terbatas dikelas XI IPA MA Uswatun Hasanah Semarang, rata-rata tanggapan peserta didik sebesar 84% yang menunjukan bahwa bahan ajar bologi tersebut sangat layak digunakan sebagai bahan ajar pada materi sel.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMiswari, MiswariUNSPECIFIED
Thesis advisorHidayat, SaifullahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar; Pembelajaran kooperatif; Model pembelajaran; Nilai spiritual Islam; Sel; Integrasi sains dan Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 27 Jul 2019 03:17
Last Modified: 27 Jul 2019 03:17
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9879

Actions (login required)

View Item View Item