Efektivitas model pembelajaran think pair share berbantu LKPD pada materi persamaan linear satu variabel terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII MTs Uswatun Hasanah tahun pelajaran 2017/2018

Khoiriroh, Harir (2019) Efektivitas model pembelajaran think pair share berbantu LKPD pada materi persamaan linear satu variabel terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII MTs Uswatun Hasanah tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif model pembelajaran Think Pair Share berbantu LKPD pada materi persamaan linear satu variabel terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII MTs Uswatun Hasanah tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk posttest-only control design. Sampel penelitian adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Uswatun Hasanah Mangkang. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Tes yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk uraian dan mengandung aspek kemampuan berpikir kritis yaitu meliputi keterampilan menganalisis, keterampilan melakukan sintesis, keterampilan memahami dan memecahkan masalah, serta keterampilan menyimpulkan. Berdasarkan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t satu pihak diperoleh t_hitung=3,531 dengan taraf signifikasi α=5% dan dk=24+23-2=47 diperoleh t_tabel=1,679. Oleh karena itu, diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu t=3,531>1,679 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini bahwa model pembelajaran Think Pair Share berbantu LKPD pada materi persamaan linear satu variabel efektif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII MTs Uswatun Hasanah tahun pelajaran 2017/2018.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorNisa, Lulu ChoirunUNSPECIFIED
Thesis advisorTsani, Dyan FalasifaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir kritis; Model pembelajaran; Persamaan Linear Satu Variabel; Think Pair Share; Pembelajaran matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 27 Jul 2019 03:28
Last Modified: 27 Jul 2019 03:28
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9888

Actions (login required)

View Item View Item