Pengembangan modul kimia berbasis kontekstual pada materi reaksi reduksi dan oksidasi kelas X di MAN 1 Brebes

Anwar, Khaerul (2019) Pengembangan modul kimia berbasis kontekstual pada materi reaksi reduksi dan oksidasi kelas X di MAN 1 Brebes. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan modul pembelajaran kimia berbasis kontekstual pada materi reaksi reduksi dan oksidasi bertujuan mengetahui karakteristik dan mengkaji kualitas modul yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah RnD atau Research and Development dengan menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan. Karakteristik media pembelajaran berupa modul yang dikembangkan dilengkapi dengan konten Sains Teknologi Masyarakat (STM) dan Contextual Teaching and Learning (CTL). Konten ini menampilkan konsep pembelajaran yang menekankan keterkaitan antara materi pelajaran dengan kehidupan peserta didik secara nyata. Hal ini terlihat pada konten info kimia, dan Sains teknologi Masyarakat. Hasil uji kualitas media pembelajaran berdasarkan penilaian validator ahli materi memperoleh skor 48,5 dengan kategori Sangat Baik (SB) dan memperoleh persentase keidealan 88,1%. Penilaian validator ahli media memperoleh skor 30 dengan kategori Baik (B) dan memperoleh presentase 75%. Hasil respon peserta didik sebagai pengguna media memperoleh skor 70,6 dan memperoleh presentase 78,4% dengan kategori kualitas Baik (B). Dengan demikian, modul kimia berbasis kontekstual layak digunakan sebagai media belajar mandiri dan bisa dilanjutkan ke implementasi kelas besar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorUdaibah, WirdaUNSPECIFIED
Thesis advisorZammi, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; Kimia; Reaksi; Reduksi; Oksidasi; Contextual Teaching and Learning
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 543 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 01 Aug 2019 08:32
Last Modified: 01 Aug 2019 08:32
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9918

Actions (login required)

View Item View Item