Studi penerapan model pembelajaran role playing dan picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar pada materi sistem peredaran darah kelas XI IPA MA Darul Falah Sirahan Kabupaten Pati

Fatmawati, Yeni (2016) Studi penerapan model pembelajaran role playing dan picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar pada materi sistem peredaran darah kelas XI IPA MA Darul Falah Sirahan Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (889kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh pengembangan model pembelajaran role playing dan picture and picture terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA MA Darul Falah Sirahan Kabupaten Pati. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk role playing yaitu intact-group comparison. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MA IPA sebagai kelas role playing berjumlah 15 peserta didik dan kelas picture and picture berjumlah 15 peserta didik. Teknik pengambilan sampel diambil dengan teknik non probabilty sampling.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, tes dan angket. Kemudian, kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda. Kelas role playingdengan model pembelajaran role playingdan kelas picture and picture menggunakan model pembelajaran picture and picture.
Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t-tes dua pihak. Berdasarkan pengujian uji t-tes dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung = 0,559 sedangkan ttabel = 2,145.Karena thitung ≤ttabelberarti hasil belajar kelas role playingtidak berbeda dengan kelas picture and picture. Hal ini dapat pula dilihat dari hasil tes yang menunjukkan bahwa kelas role playing mendapat nilai rata-rata yaitu82, sedangkan kelas picture and picture mendapat nilai rata-rata yaitu 80. Selain itu juga ditambah dengan nilai angket kelas role playing dengan picture and picture adalah 84,4 ≤ 83,6,sehingga hasil belajar model pembelajaran role playing lebih baik dengan model pembelajaran picture and picture.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. Lianah, M. Pd.; Nur Hayati, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Hasil belajar; Role playing; Picture and picture; Sistem peredaran darah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 612 Human physiology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 07 Oct 2016 02:39
Last Modified: 07 Oct 2016 02:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5921

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics