Strategi Marketing Tabungan Sahabat di BMT Hudatama Cabang Mangkang
Kumala, Novika Ratih Eka (2013) Strategi Marketing Tabungan Sahabat di BMT Hudatama Cabang Mangkang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
102503113_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (152kB) | Preview
102503113_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (43kB) | Preview
102503113_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (53kB) | Preview
102503113_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (103kB) | Preview
102503113_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (22kB) | Preview
102503113_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (14kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh keberhasilan marketing funding dalam memasarkan tabungan Sahabat dalam jangka waktu promosi yang singkat yaitu hanya tiga bulan saja. Keberhasilan ini dapat diukur dengan perolehan nasabah yang selalu melebihi target yang direncanakan. Dari latar belakang tersebut peneliti merumuskan masalah yaitu yang pertama tentang strategi marketing tabungan Sahabat di BMT Hudatama Cabang Mangkang dan yang kedua tentang kendala dalam marketing tabungan Sahabat di BMT Hudatama Cabang Mangkang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu metode penelitian untuk membuat gambaran mengenai situasi atau kejadian secara sistematis. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di BMT Hudatama Cabang Mangkang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tabungan Sahabat (Simpanan Usaha Banyak Manfaat) merupakan produk yang banyak diminati oleh para nasabahnya. Sebagai tabungan karena nasabah menitipkan dana yang dimiliki di BMT, dan dapat diambil kembali sewaktu-waktu. Dengan menggunakan akad wadi’ah, BMT dapat menggunakan atau mengelola dana tersebut untuk dikelola dalam bentuk pembiayaan. Dengan pembiayaan tersebut BMT memperoleh keuntungan. Dari keuntungan itulah, BMT memberikan bonus kepada nasabah. Strategi marketing yang diterapkan di BMT Hudatama Cabang Mangkang adalah menggunakan bauran pemasaran yang meliputi strategi produk, harga, promosi dan saluran distribusi. Untuk memasarkan tabungan Sahabat, BMT Hudatama tidak mempunyai segmen khusus, sehingga semua lapisan masyarakat dapat menggunakan tabungan tersebut. Kegiatan promosi menggunakan penyebaran brosur dan personal selling. Dengan layanan jemput bola, door to door dan penyebaran pamflet/brosur, marketing dapat menjangkau semua pasar bahkan yang jauh sekalipun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran Jasa; Tabungan |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > 61406 - Perbankan Syariah (D3) |
Depositing User: | Muhammad Qomarudin |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 04:18 |
Last Modified: | 17 Dec 2013 04:18 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1005 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year