Studi analisis terhadap strategi penghimpunan zakat di Rumah Zakat
Setiawan, Ahmad Rudi (2019) Studi analisis terhadap strategi penghimpunan zakat di Rumah Zakat. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB) | Preview
Abstract
Zakat adalah ibadah maaliyah ijtima’iyyah (ibadah yang berkaitan dengan ekonomi keuangan masyarakat) yang memiliki posisi sangat penting, strategis, dan menentukan. Zakat tidak hanya berfungsi sebagai suatu ibadah yang bersifat vertikal kepada Allah namun zakat juga berfungsi sebagai wujud ibadah yang bersifat horizontal. Kedudukan zakat bisa menjadi sangat penting bagi perekonomian umat apabila zakat bisa dikelola secara optimal. Hasil penelitian yang dilakukan oleh BAZNAS dan FEM IPB (2011) melaporkan bahwa Indonesia memiliki potensi dana zakat sebesar 217 triliun. Namun realisasi penghimpunan zakat di Indonesia masih jauh dari potensinya. Rumah Zakat adalah lembaga filantropi yang mengelola zakat infak, sedekah, serta dana sosial lainnya yang dalam pengelolaannya memiliki strategi pemanfaatan teknologi informasi dengan memanfaatkan website dan media sosial dan memiliki dampak positif dalam pengelolaan zakat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penilitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data-data yang diperlukan terkumpul, kemudian penulis menganalisis data tersebut menggunakan teknik analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil analisis, penulis menyimpulkan bahwa. Pertama, dalam upaya mengajak dan mempengaruhi muzakki untuk membayarkan zakatnya serta supaya tujuan dari penghimpunan zakat dapat terwujud, Rumah Zakat melakukan tahapan-tahapan penghimpunan zakat yakni menentukan segmen dan target muzakki, menyiapkan sumber daya dan sistem operasi, membangun sistem komunikasi, menyusun dan melakukan sistem pelayanan, dan menggunakan metode penghimpunan. Rumah Zakat memiliki beberapa cara dalam melakukan metode penghimpunan langsung (direct fundraising) yaitu: (1) layanan langsung; (2) direct mail; (3) telemarketing; serta (4) media sosial. Dalam metode penghimpunan tidak langsung (indirect fundraising), Rumah Zakat melakukan beberapa cara yaitu: (1) event; (2) iklan; (3) kolaborasi/kerjasama; serta (4) media sosial. Dalam upaya memanfaatkan teknologi informasi dalam strategi penghimpunan zakat, Rumah Zakat membuat website resmi dan akun resmi media sosial dan menerapkan metode penghimpunan baik yang langsung maupun tidak langsung. Kedua, berkaitan dengan pengaruh implementasi terhadap penghimpunan zakat di Rumah Zakat, hasil implementasi strategi menunjukan signifikansi peningkatan yang cukup baik dan positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Zakat; Pengelolaan Zakat; Teknologi Informasi |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Ricky Dwi Kurnianto |
Date Deposited: | 18 Sep 2019 08:19 |
Last Modified: | 18 Sep 2019 08:19 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10061 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year