Pengaruh etika kerja Islam, job satisfaction, dan komitmen organisasi terhadap turnover intention karyawan CV Jaya Setia Plastik Demak

Fatmawati, Indricha (2019) Pengaruh etika kerja Islam, job satisfaction, dan komitmen organisasi terhadap turnover intention karyawan CV Jaya Setia Plastik Demak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Turnover intention berdampak negatif bagi organisasi karena menciptakan ketidakstabilan terhadap kondisi tenaga kerja, menurunnya produktifitas karyawan, suasana kerja yang tidak kondusif dan juga berdampak pada meningkatnya biaya sumber daya manusia.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh etika kerja islam, job satisfaction, komitmen organisasi dan turnover intention. Penelitian ini menggunakan data primer (kuesioner). Populasi penelitian ini adalah 1010 karyawan CV Jaya Setia Plastik Demak. Sampel yang diambil berjumlah 91 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Alat analisis menggunakan SPSS 16.0 dan meliputi uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik yang meliputi uji multikoleniaritas dan uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji f, uji T dan uji determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial etika kerja islam berpengaruh positif signifikan terhadap turnover intention, sedangkan job satisfaction dan komitmen organisasi berpengaruh negatif terhadap turnover intention pada tingkat signifikan kurang dari 0,05 atau 5%. Secara simultan, etika kerja islam, job satisfaction dan komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap turnover intention. Nilai koefisien determinasi (R Square) adalah 0,294 % . Hal ini berarti 29,4 % turnover intention dapat dijelaskan oleh variabel etika kerja islam, job satisfaction, dan komitmen organisasi. Sedangkan 70,6% turnover intention dapat dijelaskan dari variabel lain yang tidak digunakan di penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etika kerja Islam; Job satisfaction; Komitmen organisasi; Turnover intention; Kinerja karyawan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
300 Social sciences > 330 Economics > 331 Labor economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Personnel management (Manajemen personalia, SDM)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 20 Sep 2019 03:43
Last Modified: 20 Sep 2019 03:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10084

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics