Pengaruh tingkat pendidikan dan kecerdasan spiritual terhadap persepsi etis mahasiswa mengenai profesi akuntan, dengan love of money sebagai variabel intervening : studi kasus mahasiswa akuntansi Perguruan Tinggi Negeri di kota Semarang

Arifah, Uliya (2019) Pengaruh tingkat pendidikan dan kecerdasan spiritual terhadap persepsi etis mahasiswa mengenai profesi akuntan, dengan love of money sebagai variabel intervening : studi kasus mahasiswa akuntansi Perguruan Tinggi Negeri di kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505046022_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1505046022_Lengkap)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat pendidikan dan kecerdasan spiritual terhadap love of money. Dan pengaruh tingkat pendidikan, kecerdasan spiritual dan love of money terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi mengenai profesi akuntan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan sumber data primer dimana data diperoleh dari kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Perguruan Tinggi Negeri di Kota Semarang yang telah menempuh mata kuliah etika bisnis dan etika profesi akuntan. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Analisis data menggunakan PLS (Partian Least Square) melalui SmartPLS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Tingkat pendidikan tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap persepsi etis mahasiwa akuntansi mengenai profesi akuntan. (2)Kecerdasan spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi etis mahasiwa akuntansi mengenai profesi akuntan. (3)Tingkat pendidikan tidak berpengaruh negatif dan signifikan terhadap love of money. (4)Kecerdasan spiritual berpengaruh negatif dan signifikan terhadap love of money. (5)Love of money berpengaruh negatif dan signifikan terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi mengenai profesi akuntan. (6)Hasil pengujian tingkat pendidikan terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi mengenai profesi akuntan dengan love of money sebagai variabel intervening tidak berpengaruh dan tidak signifikan. (7)Hasil pengujian kecerdasan spiritual terhadap persepsi etis mahasiwa akuntansi mengenai profesi akuntan dengan love of money sebagai variabel intervening tidak berpengaruh dan tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tingkat pendidikan; Kecerdasan spiritual; Love of Money; Persepsi mahasiswa; Profesi akuntan
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 174 Occupational ethics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 201 Religious mythology, general classes of religion, interreligious relations and attitudes, social theology
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 06 Nov 2019 04:06
Last Modified: 03 Jun 2021 08:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10195

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics