Studi analisis program tracking gerhana matahari karya Muhammad Wasil

Al Husna, Muhammad Farih (2019) Studi analisis program tracking gerhana matahari karya Muhammad Wasil. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_132611055]
Preview
Text (Skripsi_132611055)
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Fenomena gerhana merupakan salah satu bukti kebesaran Allah. Umat Islam disunnahkan untuk melaksanakan ibadah salat gerhana supaya menambah ketakwaan dan mengingat sang pencipta. Fenomena alam yang menarik ini merupakan salah satu objek kajian dalam ilmu falak. Sudah banyak metode hisab untuk memprediksi kapan terjadi gerhana. Bagi beberapa pegiat ilmu falak metode perhitungan gerhana Matahari menjadi hal yang lebih ‘menantang’ dibandingkan dengan gerhana Bulan karena tingkat kerumitannya.
Program Tracking Gerhana Matahari ialah satu program dalam memprediksi gerhana Matahari. Algoritma yang pada program ini berbeda dengan metode hisab gerhana pada umumnya. Selama ini semua metode tracking gerhana menggunakan elemen Bessel pada algoritmanya, sedangkan pada program ini hanya menggunakan ephemeris untuk metode tracking gerhana. Lantas bagaimana keakuratan dari program tracking gerhana Matahari ini? bagaimana menurut pandangan hukum Islam terhadap penggunaan program ini yang kaitannya dengan ibadah pelaksanaan salat gerhana?
Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif karena mengkaji algoritma program, dengan focus kajian kepustakaan (library research). Sumber data utama yang digunakan penulis berasal dari program tracking gerhana beserta wawancara dengan pembuat program. Dan didukung oleh data sekunder berupa ensiklopedi, buku, kamus, wesbsite, dokumen – dokumen dan lain sebagainya yang berkaitan dengan gerhana Matahari. Untuk metode analisis menggunakan deskriptif analytics dengan pendekatan komparatif.
Hasil penilitian ini yaitu algoritma Program Tracking Gerhana Matahari memiliki akurasi yang tinggi dalam segi prediksi waktu dan tidak akurat dalam prediksi koordinat lokasi jika dibandingkan dengan tolak ukur NASA. Secara pandangan hukum Islam program ini boleh atau sah digunakan untuk memperkirakan waktu terjadinya gerhana Matahari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gerhana Matahari; Tracking gerhana; Algoritma gerhana geosentris
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences > 523 Specific celestial bodies and phenomena
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 05 Dec 2019 09:50
Last Modified: 21 May 2021 06:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10292

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics