Studi analisis terhadap jadwal waktu salat abadi di Lampung

Najmi, Ahmad Fauzan (2019) Studi analisis terhadap jadwal waktu salat abadi di Lampung. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1502046035]
Preview
Text (Skripsi_1502046035)
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Jadwal waktu salat abadi di Lampung adalah jadwal yang disusun oleh Arius Syaikhi Payakumbuh. Jadwal ini diklaim dapat diberlakukan sepanjang masa. Jadwal ini merupakan jadwal khusus untuk Bandar Lampung, Metro, dan Menggala dan mengharuskan penggunaan metode koreksi daerah untuk mengetahui waktu salat di beberapa daerah lain di Provinsi Lampung. Jadwal yang dihisab puluhan tahun ini masih digunakan hingga saat ini secara luas di beberapa daerah di Provinsi Lampung. Menariknya, penggunaan koreksi daerah pada jadwal waktu salat masih menjadi perdebatan di kalangan ahli falak. Ditambah dengan fakta bahwa jadwal ini bukan jadwal yang resmi diberlakukan oleh Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, penulis tertarik untuk melakukan penelitian terhadap jadwal waktu salat abadi di Lampung ini. Oleh karena itu, kemudian muncul dua permasalahan untuk diteliti, yaitu: 1) algoritma dan data yang digunakan dalam penyusunan jadwal waktu salat abadi di Lampung, dan; 2) Tingkat akurasi jadwal dan relevansinya untuk digunakan sebagai acuan waktu salat.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Data primernya bersumber dari jadwal waktu salat abadi di Lampung sendiri. Selain itu juga penulis data hasil dari wawancara langsung dengan berbagai pihak. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini penulis mengambil data dari buku Ephemeris Hisab Rukyat sebagai data tambahan dan pelengkap dalam perhitungan jadwal waktu salat, dan data koordinat yang disadur dari data yang dimiliki Kanwil Kemenag Provinsi Lampung. Serta seluruh dokumen berupa buku-buku atau jurnal yang berkaitan dengan masalah penelitian. Dalam menganalisis data penulis menggunakan metode analisis deskriptif.
Dari penelitian ini, kemudian dihasilkan dua temuan, yaitu: 1) Jadwal ini disusun berdasarkan sistem perhitungan Saadoeddin Djambek serta data-data yang juga ia gunakan. Perlu dilakukan koreksi terhadap penggunaan data-data klasik yang digeneralisasi untuk perhitungan waktu salat sepanjang masa serta koreksi daerah pada yang tidak dapat dijadikan acuan untuk menentukan waktu salat di daerah lain karena data lain seperti lintang dan ketinggian tempat pun seharusnya turut dipertimbangkan; 2) Ditemukan selisih 1-5 menit antara jadwal ini dengan parameter yang digunakan untuk menguji tingkat akurasi jadwal ini. Dari selisih yang diperoleh, maka jadwal ini dianggap tidak relevan lagi untuk digunakan sebagai acuan dalam menentukan awal waktu salat, terutama untuk daerah di luar Bandar Lampung, Metro, dan Tulang Bawang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Jadwal waktu salat abadi; Provinsi Lampung
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 09 Dec 2019 01:21
Last Modified: 16 Jul 2021 07:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10302

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics