Faktor-faktor penyebab terjadinya pelecehan seksual terhadap perempuan menurut Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Semarang

Hidayatulloh, Nur (2019) Faktor-faktor penyebab terjadinya pelecehan seksual terhadap perempuan menurut Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 134411023_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (134411023_Skripsi_Lengkap)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Di zaman modern ini kejahatan sudah marak terjadi, salah satunya adalah pelecehan seksual. Pelecehan seksual bak bola salju liar, kasus per kasus terjadi semakin masif dan memprihatinkan. Segala upaya dilakukan oleh pihak yang berwenang, dari mulai upaya pencegahan sampai pemberian sanksi bagi pelaku, alih-alih reda justru kasus pelecehan seksual semakin menjadi-jadi dengan berbagai bentuknya. Diantara golongan manusia yang sering mendapatkan pelecehan seksual adalah kaum perempuan, bahkan hampir setiap kasus pelecehan seksual perempuanlah yang kebanyakan menjadi korbannya
Tujuan dari penelitian ini pun untuk menemukan faktor-faktor dan bentuk pelecehan seksual di Kota Semarang serta bagaimana pandangan tasawuf memberikan solusi untuk mengurangi pelecehan seksual. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dan analisis. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakn dua sumber data yakni sumber data primer seperti wawancara, observasi dan dokumentasi dan sumber data sekunder yakni data-data yang di peroleh dari perpustakaan, e-book, dan data dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kota Semarang. Subjek dari penelitian ini adalah dua pegawai Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Semarang bagian Pencegahan dan Penanganan dan Full Timer Pos Pelayanan Terpadu (PPT) Semarang Barat.
Dari hasil yang diperoleh, penelitian ini menunjukan bahwa terdapat beberapa faktor yang melatarbelakangi pelecahan seksual di kota Semarang diantaranya adalah faktor kesempatan atau keadaan, faktor keinginan/nafsu, faktor ketidaktahuan, faktor keinginantahuan perempuan dan faktor penampilan perempuan. Selain menunjukan faktor yang melatarbelakangi pelecahan seksual juga persoalan mendasar saat ini adalah kehampaan spiritual yang berujung pada krisis moral. Oleh karena itu tasawuf memberikan beberapa solusi untuk mengurangi tindakan pelecehan seksual diantaranya. Menutup aurat bagi perempuan dan menundukkan pandangan bagi laki-laki kecuali terhadap mahromnya, menikah bagi yang sudah baligh dan mampu, memisahkan tempat tidur anak, larangan saling melihat aurat dan tidur dalam satu selimut bagi sesama perempuan dan atau sesama laki-laki, tidak melakukan Ikhtilât, larangan khalwat, memberikan pendidikan tentang etika berhias, dan mendawamkan wudhu. Melihat fenomena yang begitu memprihatinkan saat ini maka tasawuf bisa menjadi solusi dari kehampaan tersebut. Tasawuf bertujuan untuk membimbing manusia agar dapat memperoleh kedekatan yang hakiki dengan Tuhan-nya. Peneliti menyarankan beberapa hal kepada pihak terkait diantaranya adalah bagi perempuan untuk lebih berhati-hati dan mawas diri agar terhindar dari pelecehan seksual. Hilangkan mindset yang cenderung malu mengungkapkan apa yang dialami terutama dalam kasus pelecehan seksual dan kemudian bagi pihak yang berwenang seperti Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Semarang untuk melakukan sosialisasi dan kegiatan pencegahan pelecehan seksual secara berkala kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perempuan; Pelecehan seksual; Tasawuf
Subjects: 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 03:18
Last Modified: 19 Jun 2021 00:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10368

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics