Efektivitas penerapan model TGT (teams games tournaments) terhadap komunikasi matematis peserta didik pada materi aljabar kelas VII MTS Fatahillah tahun ajar 2017/2018

Nasyrullah, Muhammad Hafid (2019) Efektivitas penerapan model TGT (teams games tournaments) terhadap komunikasi matematis peserta didik pada materi aljabar kelas VII MTS Fatahillah tahun ajar 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 133511090_Skripsi]
Preview
Text (133511090_Skripsi)
Skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik di MTs. Fatahillah kelas VII. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi aljabar kelas VII MTs. Fatahillah tahun pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen, dengan menggunakan desain posttest only control design. Populasi penelitian ini merupakan semua peserta didik kelas VII MTs. Fatahillah yang terbagi dalam dua kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu cluster random sampling dengan diambil satu kelas secara acak. Data penelitian ini dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan tes. Sampel data adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t-test.
Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar peserta didik yang menggunakan model TGT (Teams Games Tournaments) pada pelajaran matematika materi aljabar kelas VII di MTs. Fatahillah diperoleh rata-rata kemampuan komunikasi matematis 24,25, sedangkan rata-rata kemampuan komunikasi yang diperoleh menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 12,52. Hal ini menunjukkan perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Dari kedua rata-rata kemampuan komunikasi matematis tersebut dilakukan uji perbedaan rata-rata dengan taraf signifikansi 5% dan dk = (n1 + n2 – 2) = 23+20 – 2 = 41, diperoleh t_hitung=5,621 dan t_tabel=1,680. Karena t_hitung>t_tabel, maka H_0 ditolak. Hal ini menunjukkan ada perbedaan rata-rata yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis dengan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) dan kemampuan komunikasi matematis dengan model pembelajaran konvensional. Oleh karena itu dapat dinyatakan bahwa penerapan model TGT (Teams Games Tournaments) efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi aljabar kelas VII MTs. Fatahillah tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan komunikasi matematis; Model pembelajaran; Teams Games Tournaments (TGT); Aljabar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 08:01
Last Modified: 30 Dec 2019 08:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10395

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics