Efektivitas model pembelajaran somatic, auditory, visualization, intellectualy (savi) berbasis unity of sciences (uos) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi trigonometri kelas X di MA Futuhiyyah 2 Mranggen Demak tahun pelajaran 2018/2019

Qothrun Nada, Rona Nisrina (2019) Efektivitas model pembelajaran somatic, auditory, visualization, intellectualy (savi) berbasis unity of sciences (uos) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi trigonometri kelas X di MA Futuhiyyah 2 Mranggen Demak tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Pendidikan Matematika_1403056003]
Preview
Text (Pendidikan Matematika_1403056003)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik kelas X pada materi trigonmetri pada submateri perbandingan trigonometri di MA Futuhiyyah 2 Mranggen Demak. Berdasarkan hasil pra-riset yang peneliti lakukan, penyebab rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa adalah karena kurang maksimalnya penerapan model pembelajaran oleh guru. Siswa juga kurang aktif dalam mencari informasi dan kurang teliti dalam memecahkan masalah matematika sehingga tingkat kemampuan berpikir kritis masih perlu ditingkatkan.
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) berbasis Unity of Sciences (UoS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MA Futuhiyyah 2 Mranggen Demak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Jenis eksperimen dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan bentuk Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA MA Futuhiyyah2 Mranggen Demak. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas X MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelompok kontrol yang masing-masing kelas memiliki jumlah sebanyak 38 siswa.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan siswa kelas X MA Futuhiyyah 2 Mranggen Demak, berupa daftar nama peserta didik yang termasuk populasi dan sampel, nilai pretest dan posttest, serta foto-foto kegiatan pembelajaran ketika menggunakan model pembelajaran SAVI berbasis Unity of Sciences. Metode tes digunakan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran SAVI berbasis Unity of Sciences terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di MA Futuhiyyah 2 Mranggen Demak.
Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan Uji- t yaitu independen sample t-test. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh t_hitung=5,079 dengan dan t_tabel=1,67. Karena t_hitung>t_tabel maka H_(0 )ditolak dan H_(1 ) diterima. Ini berarti nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa dengan model SAVI berbasis Unity of Sciences lebih baik dari nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa dengan model konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh dari nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen 77,23 dan rata-rata posttest kelas kontrol 69,00. Sedangkan jumlah siswa kelas eksperimen dengan model pembelajaran SAVI berbasis Unity of Sciences lebih banayak dapat mencapai KKM daripada kelas kontrol. Data tersebut ditunjukkan bahwa terdapat 25 siswa kelas eksperimen dapat mencapai KKM, dan 12 siswa kelas kontrol dapat mencapai KKM. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran SAVI berbasis Unity of Sciences efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi trigonometri kelas X di MA Futuhiyyah 2 Mranggen Demak tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis; Model Pembelajaran Somatic; Auditory; Visualization; Intellectualy (SAVI) Berbasis Unity of Sciences (UoS)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 08:00
Last Modified: 30 Dec 2019 08:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10396

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics