Hubungan Kualitas Interaksi Guru - Peserta Didik dan Orang Tua – Peserta Didik dengan Motivasi Belajar PAI Peserta Didik Smp Negeri Di Kabupaten Jepara

Prayitno, Setyo (2010) Hubungan Kualitas Interaksi Guru - Peserta Didik dan Orang Tua – Peserta Didik dengan Motivasi Belajar PAI Peserta Didik Smp Negeri Di Kabupaten Jepara. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Setyo_Tesis_Sinopsis.pdf]
Preview
Text
Setyo_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji hubungan antara kualitas interaksi guru - peserta didik dan kualitas interaksi orang tua – peserta didik, baik sendiri-sendiri maupun bersama-sama, dengan motivasi belajar PAI peserta didik SMP Negeri di Kabupaten Jepara.
Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik SMP Negeri di Kabupaten Jepara yang beragama Islam sebanyak 19.882 orang dengan sampel terpilih 342 orang, yang dipilih dengan cara accidental sampling di tiga kategori wilayah yaitu pedesaan, kota kabupaten dan kota kecamatan. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen angket yang dikembangkan untuk tujuan penelitian. Data yang terkumpul dianalisis dengan regresi, baik sederhana maupun ganda.
Hasil analisis data menyimpulkan: Pertama, ada hubungan antara kualitas interaksi guru-peserta didik terhadap motivasi belajar PAI peserta didik SMP Negeri di Kabupaten Jepara. Persamaan regresi yang dihasilkan Y' = 70,24 + 0,56X1 dan hasil uji F menunjukkan Fhitung > Ftabel (144,099 > 3,873) artinya ada hubungan signifikan antara X1 dengan Y. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,298 menunjukkan proporsi sumbangan X1 terhadap Y adalah sebesar 29,8%. Kedua, ada hubungan antara kualitas interaksi orang tua - peserta didik dengan motivasi belajar PAI peserta didik SMP Negeri di Kabupaten Jepara. Persamaan regresi yang dihasilkan Y' = 91,62 + 0,27X2 dan hasil uji F menunjukkan Fhitung > Ftabel (33,806 > 3,873) artinya ada hubungan signifikan antara X2 dengan Y. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,090 menunjukkan proporsi sumbangan X2 terhadap Y adalah sebesar 9,0%. Ketiga, ada hubungan antara kualitas interaksi guru - peserta didik dan kualitas interaksi orang tua - peserta didik secara bersama-sama terhadap motivasi belajar PAI peserta didik SMP Negeri di Kabupaten Jepara. Persamaan regresi yang dihasilkan Y' = 59,38 + 0,52X1 + 0,16X2 dan hasil uji F menunjukkan Fhitung > Ftabel (86,780 > 3,026) artinya ada hubungan signifikan antara X1 dan X2 secara bersama-sama dengan Y. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,329 menunjukkan proporsi sumbangan X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap Y adalah sebesar 32,9%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar; Pendidikan Agama Islam; Learning Motivation; Islamic Religious Education
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 30 Sep 2013 08:33
Last Modified: 30 Sep 2013 08:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/104

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics