Pengembangan media pembelajaran cd interaktif terintegrasi nilai Islam disertai dengan mind mapping pada materi jaringan epitel kelas XI SMA Negeri 16 Semarang

Nurdiana, Devi Eka (2019) Pengembangan media pembelajaran cd interaktif terintegrasi nilai Islam disertai dengan mind mapping pada materi jaringan epitel kelas XI SMA Negeri 16 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Ilmu Pendidikan Biologi]
Preview
Text (Ilmu Pendidikan Biologi)
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Media mempunyai peran penting dalam kegiatan pembelajaran. Adanya media dapat memperjelas materi yang disampaikan guru. Media yang sering digunakan di SMA Negeri 16 Semarang yaitu media proyektor disertai ceramah dan diskusi. Hal tersebut menyebabkan pembelajaran monoton dan perlu adanya inovasi dalam pembuatan media pembelajaran. Adapun rumusan masalah dan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kelayakan media pembelajaran yang telah dibuat dan bagaimanakah penggunaan dari media tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, dan Evaluation) yang dikembangkan Robert Maribe Branch tahun 1975. Model pengembangan ADDIE ada 5 tahapan, pertama tahap Analyze yaitu analisis masalah yang dihadapi peserta didik dalam pembelajaran Biologi. Kedua tahap Design yaitu rancangan awal media pembelajaran. Ketiga tahap Develop yaitu pengembangan produk yang sudah dirancang melalui validasi dari para ahli dan menghasilkan produk akhir media pembelajaran yang siap untuk diujicobakan. Keempat tahap Implementation yaitu media pembelajaran yang sudah dikembangkan dilakukan uji coba pada peserta didik sehingga pada akhir dari tahap ini akan mengetahui kelayakan dan penggunaan media yang dibuat. Kelima tahap Evaluation, pada penelitian ini menggunakan evaluasi formatif yaitu hasil penilaian terhadap media yang dilakukan setiap tahapnya sehingga dapat mengetahui kualitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dibuat layak dijadikan sebagai media pembelajaran. Penilaian media didasarkan para ahli validasi dan peserta didik, yakni ahli media 92% (sangat layak), ahli materi 90% (sangat layak), ahli integrasi Islam 87% (sangat layak), guru Biologi 95% (sangat layak), sehingga rata-rata para ahli 91% (sangat layak), serta terakhir peserta didik mendapat presentase 88% (sangat layak).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; CD Interaktif; Integrasi Islam; Mind Mapping; Jaringan Epitel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20]
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 08:47
Last Modified: 03 Jul 2021 06:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10407

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics