Pengaruh metode pembelajaran pictorial riddle terhadap pemahaman siswa materi tekanan zat cair siswa kelas VIII MTs Islamiyah Syafi’iyah Rembang

Zaimah, Siti (2019) Pengaruh metode pembelajaran pictorial riddle terhadap pemahaman siswa materi tekanan zat cair siswa kelas VIII MTs Islamiyah Syafi’iyah Rembang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 123611026_Skripsi]
Preview
Text (123611026_Skripsi)
full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran yang tepat, bervariasi diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah Pengaruh Metode Pembelajaran Pictorial Riddle Terhadap Pemahaman siswa Materi Tekanan Zat Cair Siswa Kelas VIII MTs Islamiyah Syafi’iyah Rembang. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik simple random sampling. Dari seluruh kelas VIII di MTs Islamiyah Syafi’iyah Rembang diperoleh kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dan VIII-C sebagai kelas eksperimen. Variabel yang diteliti adalah peningkatan pemahaman siswa materi tekanan zat cair, dengan desain eksperimen control group pretest-post test design. Data diambil dengan teknik tes dan dianalisis menggunakan uji t.Analisis tahap awal menunjukkan bahwa kedua kelompok memiliki variansi sama dan rata-rata nilai pretestnya tidak berbeda. Analisis tahap akhir menunjukkan bahwa kedua kelompok memiliki perbedaan peningkatan pemahaman siswa yang signifikan. Uji gain pemahaman siswa sebesar 0.56% pada kelompok eksperimen dan 0.44% pada kelompok kontrol. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Metode Pembelajaran Pictorial Riddle Terhadap Pemahaman Siswa Materi Tekanan Zat Cair Kelas VIII MTs Islamiyah Syafi’iyah Rembang. Peningkatan pemahaman siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Pictorial riddle; Pemahaman siswa; Zat cair
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 31 Dec 2019 00:51
Last Modified: 23 Dec 2021 03:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10414

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics