Analisis pembelajaran IPA (fisika) kelas XII SMA LB C Pelita Ilmu Kota Semarang

Bima Sakti, Muhammad Fatikhul Alam (2019) Analisis pembelajaran IPA (fisika) kelas XII SMA LB C Pelita Ilmu Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 133611026_Skripsi]
Preview
Text (133611026_Skripsi)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran IPA (Fisika) yang berlangsung di SMA LB C Pelita Ilmu Kota Semarang Kelas XII untuk kategori siswa Tunagrahita Ringan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yakni guru dan siswa kelas XII SMA LB C Pelita Ilmu selama tiga kali pembelajaran dengan materi Perubahan Energi. Instrumen yang disusun yakni instrumen Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan Trianggulasi data, menggunakan bahan referensi dan diskusi teman sejawat. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman yakni diuraikan, dikategorikan lalu disusun secara sistematis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil yakni: Proses Pembelajaran IPA (Fisika) menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, media berupa spidol, papan tulis dan smart tv. Materinya perubahan energi dengan bahan ajar dikembangkan oleh guru sesuai silabus serta ruangan yang digunakan kelas dan kantor guru. Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran adalah metode ceramah yang membuat siswa menjadi jenuh sedangkan siswa tunagrahita memiliki ciri khusus sulit memahami hal abstrak, karena materi energi adalah materi abstrak, perlu adanya contoh yang menunjang secara nyata dan mudah dipahami oleh siswa tunagrahita. Media pembelajaran di dalam kelas masih belum mampu menunjang pembelajaran, ruangan berpindah ke kantor guru yang kurang kondusif untuk pembelajaran dan buku pegangan siswa yang belum terpenuhi. Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran adalah kurangnya improvisasi metode setiap pembelajaran dan sarana prasana yang dimiliki sekolah untuk pembelajaran di dalam kelas. Sekolah belum mendapat bantuan dari pemerintah kota untuk sarana dan prasana yang menunjang pembelajaran IPA (Fisika). Belum ada ruangan khusus untuk multimedia dan buku pegangan siswa karena kemendikbud tidak menerbitkan buku guru maupun buku siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran fisika; Siswa tunagrahita; Energi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 31 Dec 2019 00:53
Last Modified: 18 Dec 2021 03:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10415

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics