Pengembangan instrumen tes berbasis literasi saintifik terintegrasi kearifan lokal pada materi kalor di SMP/MTs

Musrotin, Musrotin (2019) Pengembangan instrumen tes berbasis literasi saintifik terintegrasi kearifan lokal pada materi kalor di SMP/MTs. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Pendidikan Fisika_ 1403066004]
Preview
Text (Pendidikan Fisika_ 1403066004)
skripsi full Musrotin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan karakteristik instrumen tes berbasis literasi saintifik terintegrasi kearifan lokal pada materi Kalor, menguji kevalidan dan reliabilitas instrumen tes, mengetahui karakteristik butir soal, dan mengukur tingkat pemahaman peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII MTs Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara. Metode yang digunakan meliputi tes, angket, dan dokumentasi. Instrumen tes yang dikembangkan berbentuk tes uraian berwacana yang mencakup dua kategori literasi saintifik (Science as a way of investigating dan Science as a way of thinking) yang dihubungkan dengan kearifan lokal meliputi kerajinan monel Jepara, pengeringan kayu mebel Jepara, kerajinan gerabah Jepara, dan perang obor. Hasil validasi menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan valid. Reliabilitas instrumen tes yang dikembangkan dalam kategori reliabel sebesar 0,56. Produk akhir tes berbasis literasi saintifik terintegrasi kearifan lokal menghasilkan 10 butir soal, satu soal dalam kategori mudah dan sembilan soal dalam kategori sedang. Daya pembeda soal terdiri atas dua soal kategori baik sekali, empat soal kategori baik, dan empat soal kategori cukup. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat pemahaman peserta didik pada materi Kalor pada kategori maksimal sebesar 0%; baik sekali sebesar 30,8%; baik sebesar 33,3%; dan kurang sebesar 35,9%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Instrumen Tes; Literasi Saintifik; Kearifan Lokal; Tingkat Pemahaman
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 31 Dec 2019 00:54
Last Modified: 23 Dec 2021 03:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10417

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics