Efektivitas penggunaan modul fisika materi momentum dan impuls berpendekatan integrasi sains dan Islam terhadap hasil belajar siswa

Sangadah, Fatikhatus (2019) Efektivitas penggunaan modul fisika materi momentum dan impuls berpendekatan integrasi sains dan Islam terhadap hasil belajar siswa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1403066039_skripsi]
Preview
Text (1403066039_skripsi)
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (17MB) | Preview

Abstract

Ilmu pengetahuan saat ini berkembang pesat, disisi lain Islam masih berdiri sendiri sehingga terjadi dikotomi keilmuan antara Sains dengan Islam. Tercapainya tujuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan respon siswa pada penggunaan modul fisika materi momentum dan impuls berpendekatan integrasi sains dan islam terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, metode eksperimen bentuk Nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability sampling dengan bentuk sampling purposive. Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu modul fisika materi momentum dan impuls berpendekatan intrgrasi sains dan islam dan variabel terikat yaitu hasil belajar kognitif siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, angket dan observasi. Data hasil pretest digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa sedangkan data posttest digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan nilai thitung=0,789 > ttabel=0,681 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa penggunaan modul fisika materi momentum dan impuls berpendekatan integrasi sains dan islam efektif terhadap hasil belajar siswa dengan tingkat efektivitas sebesar 0,7 kategori sedang dan mendapat respon dari siswa sebesar 80,75% kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; Pembelajaran fisika; Integrasi sains dan Islam; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 31 Dec 2019 00:57
Last Modified: 23 Dec 2021 03:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10420

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics