Analisis kebijakan program full day school di SMP IT Robbani Kendal

Hakim, Zainul (2019) Analisis kebijakan program full day school di SMP IT Robbani Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Manajemen Pendidikan Islam]
Preview
Text (Manajemen Pendidikan Islam)
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi permasalahan remaja saat ini sangat kompleks dan menghawatirkan, banyak remaja terjerumus dalam lingkaran narkoba, seks bebas, pornografi, dan budaya kekerasan. Kebijakan model sekolah full day school dianggap sebagai solusi terbaik mengantisipasi dampak buruk pengaruh globalisasi.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Apa yang melatarbelakangi kebijakan full day school di SMP IT Robbani Kendal?. 2) Bagaimana pelaksanaan full day school di SMP IT Robbani Kendal? 3) Bagaimana dampak dari kebijakan full day school di SMP IT Robbani Kendal?
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan teknik pengumpulan data melalui Observasi, wawancara dan dokumentasi, data yang telah di dapat kemudian dianalisis melalui analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Latar belakang kebijakan full day School di SMP IT Robbani Kendal, berangkat dari keinginan orang tua Orang tua siswa yang mayoritas pegawai agar anaknya tetap di bawah pengawasan sekolah sampai sore, agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas. 2) Robbani Kendal dilakukan dengan mengintegrasikan proses, materi dan penyelenggaraan yang diaplikasikan pembelajaran di kelas dan di luar kelas, menggunakan metode yang variatif dan media yang disesuaikan materi juga sistem evaluasi yang mengarah pada evaluasi proses dan evaluasi hasil. 3) Dampak dari kebijakan kelas full day school di SMP IT Robbani Kendal terletak mampu membantu siswa dalam memahami materi yang kurang dipahami untuk dipelajari lagi secara mendalam melalui bentuk pendampingan yang terjadwal secara sistematis sehingga mampu meningkatkan out put siswa yaitu berprestasi. Demikian juga akhlak siswa akan semakin baik dengan tradisi Islami yang dikembangkan dan pribadi siswa yang mempunyai IMTAQ dan IPTEK.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kebijakan; Full Day School, SMPIT Robbani
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 31 Dec 2019 01:05
Last Modified: 31 Dec 2019 01:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10425

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics