Manajemen pembelajaran tahfidzul qur’an di MI Tarbiyatul Athfal Wedung Demak tahun pelajaran 2018/2019

Choiroh, Puji Rohmatun (2019) Manajemen pembelajaran tahfidzul qur’an di MI Tarbiyatul Athfal Wedung Demak tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 133311047_Skripsi]
Preview
Text (133311047_Skripsi)
PUJI ROHMATUN CHOIROH___133311047.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap pengelolaan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di MI Tarbiyatul Athfal Wedung Demak merupakan lembaga pendidikan formal yang berusaha membimbing siswanya untuk cinta terhadap Al-Qur’an dan mencetak generasi penghafal Al-Qur’an. Pembelajaran menghafal Al-Qur’an di madrasah ini mempunyai target hafalan minimal. Untuk mencapai target dan kemajuan hafalan tentunya tidak terlepas dari pengelolaan pembelajaran tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pembelajaran tahfidz Al-Qur’an yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Teknik analisis dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan mengacu kepada landasan teori. Tempat penelitian yang penulis pilih adalah di MI Tarbiyatul Athfal Wedung Demak.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses kegiatan pembelajaran Tahfidzul Qur’an di MI Tarbiyatul Athfal Wedung Demak dari mulai perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sudah berjalan cukup baik, meskipun ada hambatan sedikit yang perlu dibenahi. Pertama, dalam perencanaan pembelajaran tahfidz secara umum dikatakan masih kurang, karena belum menggunakan perangkat pembelajaran seperti RPP, Silabus, Prota dan Promes pembelajaran Tahfidz. Kedua, Pelaksanaan pembelajaran tahfidz Qur’an di MI Tarbiyatul Athfal Wedung Demak sudah cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan proses pelaksanaan yang baik yakni metode berbasis PAIKEM, materi yang memperhatikan kondisi psikologis kemampuan siswa, dan pengelolaan kelas yang enak dan nyaman. Disamping itu kepala madrasah yang selalu mengkoordinir, memonitoring dan mensupervisi para guru ketika pembelajaran berlangsung. Ketiga, bentuk evaluasi pembelajaran yang dilakukan dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an di MI Tarbiyatul Athfal Wedung Demak yaitu dengan menggunakan tes setoran mingguan yakni seminggu sekali setiap hari Jum’at, setoran hafalan mid semester, setoran hafalan semester, dan Ujian Akhir Tahfidz (UAT). Sedangkan untuk anak yang belum mengalami ketuntasan, maka dilakukan remedial sesuai dengan ketentuan. Untuk pelaporan hasil hafalan siswa terdapat buku pantauan tahfidz murid yang digunakan untuk memantau hafalan anak tersebut, sehingga guru dan orang tua murid dapat mengecek dan memantau hafalan anaknya. Adapun aspek yang dinilai yaitu aspek kelancaran hafalan, tajwid, fashahah, dan ahlak (sikap).
Penilaian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para pengajar, para peneliti dan para praktisi pendidikan terutama dalam meningkatkan prestasi belajar PAI. Juga semua pihak yang membutuhkan khususnya jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen pembelajaran; Tahfidzul Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 31 Dec 2019 01:03
Last Modified: 31 Dec 2019 01:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10426

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics