Manajemen pembentukan karakter santun peserta didik di Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara

Ulum, Muhammad Bahrul (2019) Manajemen pembentukan karakter santun peserta didik di Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1403036020_Skripsi]
Preview
Text (1403036020_Skripsi)
MUHAMMAD BAHRUL ULUM___1403036020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari berbagai macam peristiwa dalam pendidikan yang semakin merendahkan harkat dan martabat serta derajat manusia. Hancurlan nilai-nilai moral seperti: ketidakjujuran, hilangnya rasa tanggung jawab, merebaknya ketidakadilan, tipisnya rasa solidaritas, perilaku yang tidak sesuai dengan tujuan pendidikan.
Berawal dari masalah tersebut, Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara berusaha membentuk karakter santun agar terwujudnya karakter yang islami agar diterapkan dalam lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat. Dalam penelitian ini, peneliti akan mengkaji tentang pembentukan karakter santun di Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara yang berisikan tentang Perencanaan, Pelaksanaan, serta Evaluasi tentang pembentukan karakter santun tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan karakter santun di Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara dilaksanakan dengan cara (a) keteladanan di kelas, (b) melatih langsung berperilaku santun di kelas, (c) integrasi pendidikan karakter dengan mata pelajaran, (d) integrasi pendidikan karakter dengan budaya sekolah, (e) pembiasaan perilaku di sekolah maupun di masyarakat. Faktor pendukung dalam pembentukan karakter santun di Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara adalah adanya kerjasama antara Yayasan, Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Guru Akidah Akhlaq, Guru Madrasah, Orang Tua Siswa-Siswi, serta pihak-pihak yang terlibat dalam proses pembentukan karakter santun di Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara.
Seiring telah terselesaikanya penulisan skripsi ini, peneliti mengucapkan rasa puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufiq, dan inayahnya sehingga mampu menyelesaikannya tugas ini, penulis sudah berusaha semaksimal mungkin apa yang telah dipaparkan masih jauh dari kata sempurna, maka dari itu penulis berharap kritik dan saran dari pembaca yang membangun untuk kebaikan selanjutnya. Akhirnya semoga skripsi ini dapat bermanfaat , dan semoga Allah memberikan berkah yang melimpah bagi hamba dan orang yang taat kepadanya. Aamiin.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pndidikan karakter
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 31 Dec 2019 01:05
Last Modified: 31 Dec 2019 01:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10428

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics